Tim Ombudsman Lakukan Penilaian Pelayanan Publik di Puskesmas Johar Baru

Reporter: Mutiara Rizqy Magang | Editor: Andreas Pamakayo

Penilaian Pelayanan Publik Tahun 2023 di Puskesmas Johar Baru. Foto: Vhatra

Tim Penilai dari Ombudsman Republik Indonesia melakukan Penilaian Pelayanan Publik Tahun 2023, di Puskesmas Johar Baru, Jalan Mardani Raya No. 36, Jakarta Pusat, Rabu (13/9).

Asisten Pemerintahan (Aspem) Setko Administrasi Jakarta Pusat Denny Ramdany mengatakan, penilaian ini terkait dengan kepatuhan terhadap layanan yang nantinya akan dilihat dari indeks kepuasan masyakarat.

“Kedatangan tim ombudsman ini bertujuan dalam rangka melihat kepatuhan unit itu terhadap mekanisme yang sudah dia buat. Apa saja yang dibuat itu seperti, mengeluarkan SOP pelayanan, standar pelayanan, dan memastikan dengan maklumat pelayanan sampai sejauh mana komitmen aparat yang ada mulai dari pimpinan sampai petugas layanan itu melaksanakan apa yang sudah dibuatnya tadi. Arahnya adalah kepada pelayanan masyarakat, yang nantinya diukur pada indeks kepuasan masyarakat," jelasnya.

“Terdapat dua tahap yang akan menjadi observasi, Tim Ombudsman akan melakukan wawancara dan observasi lapangan terkait dengan pelayanan poli umum dan poli gigi," imbuhnya.

Denny juga berharap Jakarta Pusat bisa menjadi yang terbaik dengan cara memberikan pelayanan masyarkat secara optimal sehingga masyarakat dapat terpuaskan.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Johar Baru Arief Wahyudhy menambahkan bahwa Puskesmas Johar Baru telah mempersiapkan standar pelayanan dengan melaksanakan forum komunikasi publik.

“Kami telah mempersiapkan standar pelayanan yang kami buat dengan melaksanakan forum komunikasi publik terlebih dahulu dengan berbagai lintas sektor dan akademisi masyarakat serta juga media. Dari forum komunikasi publik dihasilkan dari standar pelayanan ini yang memenuhi persyaratan layanan sistem mekanisme waktu layanan, produk layanan, dan penanganan pengaduan,” jelasnya.

Saat ini, lanjut Arief, Puskesmas Johar Baru telah melaksanakan beberapa inovasi dan berharap dengan adanya inovasi ini bisa semakin mempermudah akses maupun pelayanan Kesehatan.

“Terdapat enam inovasi yang telah kami laksanakan, dengan harapan adanya inovasi ini bisa semakin mempermudah akses maupun pelayanan kesehatannya. Inovasi yang telah kami laksanakan itu ada MATAHARI, IKAN PARI, SHARING, TAMAN BUNGA, HOPE, dan DORAEMONS” ungkapnya.

Perwakilan Tim Ombudsman Akbar menyatakan bahwa tim telah melakukan penilaian tehadap pelayanan publik dari Puskesmas Johar Baru. Tim Ombudsman menilai dan merasa bahwa telah adanya pemerataan informasi dan secara umum nilai dari pelayanan publiknya sudah berjalan dengan baik.

“Kalau untuk wawancara sudah berjalan dengan baik dan sudah merasa adanya pemerataan informasi. Jadi secara umum, terkait standar pelayanan itu sudah terpenuhi," imbuhnya.