Tim Verifikasi Lapangan Pemprov DKI Mengunjungi Posyandu Cempaka 7 Petojo Selatan

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Tim Verifikasi Lapangan 10 Program Pokok PKK lomba pelaksanaan Posyandu Terbaik Tingkat Provinsi DKI Jakarta mengunjungi Kelurahan Petojo Selatan. Foto: Andreas

Tim Verifikasi Lapangan 10 Program Pokok PKK lomba pelaksanaan Posyandu Terbaik Tingkat Provinsi DKI Jakarta mengunjungi Kelurahan Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (15/6). 

Tim verifikasi yang dipimpin, Ketua IV Bidang Kesehatan Keluarga dan Lingkungan TP PKK Provinsi DKI Jakarta Suni Sigit, didampingi Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin serta jajaran terkait lainnya langsung mendatangi Posyandu Cempaka 7 Petojo Selatan. 

Suni mengatakan, verifikasi ini untuk menyamakan apa yang sudah dipaparkan di tanggal 25 Mei lalu dengan kondisi di lapangan secara langsung. 

"Kita ingin melihat dari dekat Posyandu Cempaka 7, terjun langsung, apakah memang sama yang disampaikan dengan di lapangan," katanya. 

Menurut Suni, setelah melihat dari yang disampaikan seperti, inovasi sama dan tadi juga telah dijelaskan dengan sangat rinci oleh Ketua TP PKK Kecamatan Gambir, dan Ketua Posyandu Cempaka 7. 

Suni menambah, Cempaka 7 merupakan perwakilan terbaik dari Jakarta Pusat dan berharap semua posyandu yang ada di wilayah Jakarta Pusat dukungannya sama seperti di Cempaka 7. 

"Posyandu Cempaka 7 sudah bagus banget mulai dari pelaksanaannya, inovasinya, dukungan dari warga sekitar juga luar biasa. Semoga posyandu di sini dapat menjadi contoh untuk diterapkan di posyandu yang lain," jelasnya. 

Sementara itu, Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin menyatakan, Posyandu Cempaka 7 mendapatkan apresiasi dari tim verifikasi terlebih adanya Rumah Sehat di RW 07, Kelurahan Petojo Selatan yang merupakan suatu perwujudan dari seluruh pengaplikasian program di Posyandu Cempaka 7. 

"Rumah Sehat ini milik warga yang memenuhi kriteria minimal seperti, akses air minum, akses jamban sehat, lantai, ventilasi, tanaman toga, dan pencahayaan. Pembinaan juga dilakukan oleh TP PKK dan pengelolaan RPTRA," terang Iqbal. 

"Dengan adanya kegiatan ini kita dapat memberikan pelajaran sebagai momentum untuk mengevaluasi, memperbaiki, dan mensosialisasikan kepada masyarakat terkait dengan upaya gerakan sehat yang diinisiasi oleh Posyandu Cempaka 7," imbuhnya.