Tim Verifikasi Proklim Tahun 2023 Sambangi RW 06 Cempaka Baru

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Verifikasi lapangan terkait proklim pratama tahun 2023. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Verifikasi lapangan terkait proklim pratama tahun 2023 di wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat terus dilakukan. Kali ini bertempat di pos RW 06, Jalan Cempaka Baru II, Kemayoran, Jakarta Pusat, tim penilai bersama SKPD terkait melakukan pertemuan dan dilanjutkan survei lapangan.

Sub Koordinasi Lingkungan Hidup (LH) Kota Administrasi Jakarta Pusat Jakarta Pusat Budi Kristina mengatakan, proklim ini merupakan kegiatan prioritas dari Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat.

“Yang terpenting masyarakat di sini aktif mendukung kegiatan-kegiatan positif yang berhubungan lingkungan, kalau ada hal yang perlu ditanyakan, nanti silakan ditanya kepada ahlinya. Ada Formapel Jakarta Pusat yang siap membantu,” ujarnya.

Di lokasi yang sama, Kasie Ekbang Kecamatan Kemayoran Wahyu menambahkan, untuk tahap ini merupakan verifikasi lapangan dan sebelumnya telah dilakukan pemeriksaan oleh tim penilai pada November tahun lalu.

“Proklim ini merupakan program yang sudah lama namun, banyak warga masyarakat yang belum memahami secara mendetail apa itu proklim. Banyak hal di proklim ini, bukan hanya penghijauan, tapi ada juga sanitasi lingkungan, pengelolaan sampah, dan banyak aspek lainnya,” ujarnya.

Menurut Wahyu, proklim bukan sebagai ajang lomba, tapi nantinya berujung pada kepuasan masyarakat. “Masyarakat kita ini heterogen atau beragam, jadi bagaimana RT atau RW dapat mengkoordinir warganya agar mau membangun lingkungannya lebih bagus lagi,” ucapnya.

Sementara itu, Lurah Cempaka Baru Cheriyadi menuturkan, modal dari RW 06 ini yaitu silaturahim dari warga-warganya yang begitu kuat.

“Untuk kegiatan ini kan semua unsur masyarakatnya terlibat, pemerintah bersatu padu dengan warganya untuk menghadapi perubahan iklim. Seperti, kader PKK yang telah banyak membuat taman hatinya PKK dan juga kolam gizi,” tutupnya.