TP PKK Jakpus Gelar Lomba 10 Program Pokok PKK

Reporter: Maulana Yusuf | Editor: Iman

TP PKK Jakpus Gelar Lomba 10 Program Pokok PKK. Foto: Maul

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar lomba 10 Program Pokok PKK di Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Senin (6/3).

Lomba yang diikuti 40 tim PKK dari perwakilan Kecamatan Se-Jakarta Pusat ini dibuka oleh Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Setko Jakarta Pusat M. Fahmi.

Dalam sambutannya, M. Fahmi mengatakan 10 Program pokok PKK merupakan intisari dari semua kegiatan pemerintah sehingga PKK tidak bisa dilepaskan dari Pemerintah.
"Semua hak hidup masyarakat semuanya terprogram dalam 10 program pokok PKK seperti Penghayatan dan Pengamalan Pancasila, Gotong Royong, Pangan, Sandang, Perumahan dan Tata Laksana, Rumah Tangga, Pendidikan dan Ketrampilan, Kesehatan, Pengembangan Kehidupan Berkoperasi, Kelestarian Lingkungan Hidup dan Perencanaan Sehat, jadi semua ada di program PKK," katanya.

Fahmi menuturkan dalam kegiatan ini hadir unsur pemerintahan sebagai juri lomba tersebut seperti dari Suku Dinas (Sudin) Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (KPKP), Kementerian Agama (Kemenag), Perekonomian, Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (PPAPP) , Kesehatan, Lingkungan Hidup (LH) dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra).

"Ini membuktikan bahwa semua ini tidak bisa dilepaskan kolaborasi antara pemerintah dan PKK, dan tahun ini karena usai pandemi kita akan lebih serius lagi melakukan program PKK," tuturnya.

Sementara itu Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah menjelaskan dari 10 program pokok PKK akan digabungkan menjadi 5 kategori lomba yaitu Pusat Informasi dan Konsultasi (PIK) Keluarga, Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK, Hatiya PKK, Terbaik Posyandu dan Kader terbaik.

"Lomba ini akan berlangsung mulai 6 hingga 10 maret 2023, hari ini para TP PKK akan melakukan paparan kegiatan dan besok kita akan lakukan verifikasi lapangan terhadap paparan para TP PKK," jelasnya.

Ucu mengungkapkan kegiatan ini adalah lomba yang berjenjang dan pemenang akan mewakili Jakarta Pusat untuk berlomba di tingkat Provinsi bahkan Nasional.

Menurutnya PKK di Jakarta Pusat sudah bagus bahkan ada PIK Keluarga hampir di Setiap RW. Pembinaan UP2K selalu diberikan, penghijauan-penghijauan untuk mendukung hatinya PKK masif dan hampir di setiap jalan kecil.

"Mudah-mudahan Jakarta Pusat bisa mewakili Provinsi DKI Jakarta dan mendapat hasil yang terbaik di tingkat Nasional. Target kita Nasional sehingga seleksi yang dilakukan sangat ketat," ujarnya.

Ucu pun berharap semangat ini bukan hanya karena lomba saja tetapi terus berlanjut dan bergerak untuk masyarakat.

"PKK harus tetap berdaya, tetap kreatif dan menebar kemanfaatan setiap hari, setiap saat dan PKK tetap menjadi mitra terbaik pemerintah," harapnya.