TP PKK Jakpus Gelar Pertemuan Rutin Bahas Kegiatan dan Program

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pertemuan rutin TP PKK. Foto: Janna Magang

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar pertemuan rutin (pertin)  di Ruang Pola, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Senin (24/7).

Dalam pertin yang dihadiri pengurus PKK dari tingkat kelurahan, kecamatan hingga tingkat kota ini membahas segala kegiatan dan program PKK baik untuk di evaluasi, apresiasi, dan dilakukan pembenahan pada program berikutnya. 

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengapresiasi semua kegiatan dan kinerja TP PKK yang selama ini telah bermanfaat bagi warga masyarakat juga dalam lomba 10 program PKK.

“Bahwa capaian kemarin bukanlah kesempatan terakhir, tetapi ini menjadi semangat untuk memberikan prestasi di tahun yang akan datang, siapkan dari sekarang jika kita ingin berprestasi di tahun yang akan datang,” katanya. 

Dhany mencontohkan dalam lomba 10 Program PKK Posyandu masuk peringkat ke tiga sehingga, perlu ada perbaikan-perbaikan.

"Yang diperbaiki yaitu terkait data yang harus dihimpun ke tiap kelompok sasaran balita, ibu hamil, dan ibu menyusui. Kelompok sasaran ini ditargetkan tahun depan 100 persen ikuti pelayanan di posyandu,” imbuhnya.  

Lalu untuk Taman Hatinya PKK, lanjut Dhany, perlu ada persiapan sejak jauh-jauh hari dan juga adanya sosialisasi secara konsisten agar masyarakat terus dapat berdaya dalam memanfaatkan pekarangan rumah maupun lingkungan untuk tanaman obat maupun sayuran sebagai upaya ketahanan pangan. 

“Taman Hatinya PKK tidak berbicara hasil, tapi apa saja yang telah kita lakukan dalam menggerakkan masyarakat agar turut serta memanfaatkan pekarangan untuk pertanian demi menjaga ketahanan pangan,” imbuhnya. 

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah menerangkan setiap pertin PKK selalu spesial, juara berapapun Jakarta Pusat harus tetap semangat dan terus menjalankan kegiatan rutinnya.

"Setiap lomba memang tidak ada yang instan dan ini sebagai pembelajaran bagi kita semua, tahun depan harus kita persiapkan dari sekarang biar nanti hasilnya lebih bagus," terangnya.

Ucu menuturkan, tahun ini Jakarta Pusat mendapat 1 piala dalam kategori Taman Hatinya PKK maka tahun depan ditargetkan bisa mendapat dua atau bahkan juara umum.

"Kita akan bersama-sama turun ke wilayah untuk melihat langsung dan mencari potensi-potensi yang ada di setiap wilayah bahkan saya ingin ada lomba 10 Program PKK di tingkat kelurahan," tuturnya.

Di sela-sela kegiatan, Rumah Sosial Kutub juga memberikan piagam penghargaan kepada Kelurahan Karet Tengsin dan Kelurahan Harapan Mulya sebagai Kelurahan Terbaik dalam menangani limbah minyak jelantah pada program Kota Tersenyum Jakarta Periode Januari-Maret 2023. Dan penghargaan serupa kembali diraih Kelurahan Karet Tengsin pada Periode April-Juni 2023.

Ucu pun mengajak masyarakat Jakarta Pusat untuk mengumpulkan minyak jelantahnya.

"Minyak jelantah jangan dibuang sembarangan karena akan mencemari lingkungan tetapi minyak jelantah itu di sedekahkan ke rumah sosial kutub," tandasnya.