TP PKK Jakpus Tanam Cabai, Terong, dan Buah di JP Farm

Reporter: Febbiola Magang | Editor: Andreas Pamakayo

Penanaman pohon cabai di JP Farm. Foto: Maulana

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Administrasi Jakarta Pusat mengikuti program penanaman 1.000 pohon di semua wilayah Indonesia melalui konferensi video dipimpin langsung Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan Wuri Ma’ruf Amin.

Ketua Bidang Ketahanan Pangan Keluarga Kota Administrasi Jakarta Pusat Isma Marsela Ginting mengatakan, di wilayah Jakarta Pusat sudah melakukan penanaman pohon dari bulan Januari hingga saat ini, dan total pohon yang ditanam sekitar 1.600 pohon.

"Untuk hari kita menanam hampir 600 pohon yang tersebar di delapan kecamatan, 44 kelurahan, dan juga ada dibeberapa RPTRA. hari ini kebetulan kami menanam cabai, terong, dan tanaman buah anggur serta lemon," katanya usai menanam pohon di JP Farm, Taman Hatinya PKK, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Rabu (1/2).

Isma menuturkan, tanaman cabai dipilih karena dapat berkontribusi terhadap inflasi dan ketahanan pangan di Indonesia.

“Kita PKK khususnya Pokja 3 sudah mendapat bimbingan dari KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat sudah mengajarkan kita semua di wilayah baik di kecamatan dan kelurahan, bagaimana cara menanam cabai yang benar, dan untuk trik-triknya agar tumbuh subur serta baik hasilnya,” tuturnya.

Menurut Isma, masyarakat di semua wilayah mulai dari kelurahan hingga RW di Jakarta Pusat juga sudah mengikuti kelompok tani (Poktan) dan kelas berkebun.

"Masyarakat saat ini sedang giat menanam cabai. Harapannya sesuai pesan dari ketua, Ibu Wali Kota agar tanaman cabai ini bisa dirawat dengan baik, diikuti dengan pemeliharaan dan pemberian pupuknya yang baik. Sehingga pada 3 bulan mendatang kita bisa memanen bersama di seluruh kelurahan-kecamatan di Jakarta Pusat,” tutupnya.