Wali Kota Bersama INKOWAPI Resmikan Posko Pangan Warung Ibu Zafka Abadi

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Peresmian warung Posko Pangan Jalan Batu Tulis. Foto: Malik Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat bersama dengan Induk Koperasi Wanita Pengusaha Indonesia (INKOWAPI) meresmikan Warung Ibu Zafka Abadi yang ditransformasi menjadi Posko Pangan, di Jalan Batu Tulis VI, No. 37, Kelurahan Kebon Kelapa, Kecamatan Gambir, Selasa (8/8).

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, ini merupakan sebuah warung milik warga yang ditransformasi menjadi Posko Pangan.

Menurutnya, posko ini ada berawal dari bagaimana mengangkat ekonomi masyarakat, kemudian melahirkan ide gagasan dengan mempertemukan antara produsen awal dengan konsumen secara langsung sehingga menghindari adanya simpul-simpul distribusi yang membuat harga pangan menjadi mahal.

“Dengan cukup ada warung-warung  kecil yang bisa menyediakan pangan dengan harga terjangkau sehingga, biaya operasional itu bisa ditekan. Kemudian pendapatannya juga bisa ditingkatkan,” terangnya.

Lalu, lanjutnya, kemudian sebagai percontohan ada empat warung yang berada di tengah-tengah masyarakat ditunjukan kemudian dilakukan intervensi. Warung yang diintervensi itu semakin berkembang.

“Dari awalnya omset hanya Rp3 juta perbulan sekarang menjadi Rp70-300 juta perbulan. Ini kan suatu angka yang sangat signifikan perkembangannya, berarti intervensi program ini cukup efektif untuk mengangkat ekonomi kerakyatan di satu pihak tidak adanya simpul-simpul distribusi yang terlalu panjang,” imbuhnya.

Dhany memastikan, mekanisme yang dapat membuat harga pangan lebih murah tersebut akan dikembangkan di 44 kelurahan di Jakarta Pusat sehingga, harga pangan akan lebih terkendali.

“Tugas kita sekarang bagaimana cara menstimulus supaya bisa berkembang dan responnya positif. Agar bisa dikembangkan ke seluruh Indonesia," tandasnya.