Wali Kota Buka Musrenbang Kecamatan Terintegrasi Tahun 2023

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma membuka sidang pleno I musrenbang kecamatan terintegrasi musrenbang kelurahan tahun 2023. Foto: Maulana

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) tahun ini dilaksanakan terintegrasi karena sesuai Peraturan Gubernur (Pergub) 57 Tahun 2022, di mana menempatkan kelurahan sebagai perangkat kecamatan, maka musrenbang dilakukan di satu titik yaitu kecamatan.

"Intinya kita ingin meyakinkan melalui mekanisme musrenbang yang terintegrasi ini melahirkan usulan masyarakat yang sesuai kebutuhan, agar hasilnya bisa dimanfaatkan bagi kepentingan masyarakat," katanya saat membuka sidang pleno I musrenbang kecamatan terintegrasi musrenbang kelurahan tahun 2023, di Aula Kantor Kecamatan Sawah Besar, diikuti tujuh kecamatan lainnya di wilayah Jakarta Pusat melalui konferensi video, Selasa (14/2).

Dhany menambahkan, total usulan di Jakarta Pusat sebanyak 1.636 dengan estimasi anggaran mencapai Rp1,18 triliun yang terdiri dari 1 .095 usulan prioritas, 541 usulan alternatif dengan komposisi 70,66 persen usulan fisik, 25,18 persen usulan pengadaan barang dan 4,16 persen usulan non fisik.

"Musrenbang sesungguhnya adalah menyoroti apa yang menjadi usulan warga masyarakat untuk kemudian dibahas di sidang kelompok dan ditetapkan pada sidang pleno ke II nanti. Data menjadi kunci utamanya jadi persoalannya harus sesuai dengan kenyataan di lapangan. Semoga tahun ini dapat mengatasi persoalan pada tahun 2024," katanya.

Selanjutnya, diutarakan Dhany, dirinya meminta agar usulan musrenbang 2023 yang realisasinya 2024 menjadi skala prioritas di wilayah Jakarta Pusat, agar bersama-sama terus dikawal hingga musrenbang tingkat provinsi.

Turut hadir dalam sidang pleno ini, Anggota Komisi E DPRD DKI Jakarta Idris Ahmad, Kepala Suku Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota (Kasubanppeko) Kota Administrasi Jakarta Pusat Agus Sanyoto, Camat Sawah Besar Prasetyo Kurniawan, dan para lurah se-Kecamatan Sawah Besar serta para kepala UKPD terkait.