Wali Kota Hadiri Pelantikan Dewan Kehormatan dan Pengurus PMI Jakarta Pusat Periode 2023-2028

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pelantikan Dewan Kehormatan dan Pengurus Kota Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jakarta Pusat. Foto: Maulana

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menghadiri pelantikan Dewan Kehormatan dan Pengurus Kota Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Jakarta Pusat masa bakti 2023-2028.

Pelantikan berlangsung di Ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Rabu (10/5).

Dhany mengatakan, PMI merupakan mitra strategis pemerintah ketika terjadi gawat darurat karena tersebar hingga ke tingkat masyarakat. Kolaborasi, maka dari itu, diperlukan untuk mengatasi peristiwa kegawatdaruratan.

"Kita terus bersinergi, berkolaborasi dengan PMI dalam merespon suatu peristiwa dengan memberikan bantuan dan melakukan tindakan penyelamatan. Intinya adalah semangat kemanusiaan ini bisa kita bangun bersama PMI dengan pemerintah," katanya saat ditemui usai pelantikan.

Dhany menuturkan, di dalam PMI sudah masuk unsur private, masyarakat, dan birokrasi yang bersinergi menghadirkan pelayanan terbaik dalam mendukung tugas pemerintah daerah. Sejumlah jajaran pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat turut pula menjadi anggota PMI, yang mengukuhkan kolaborasi keduanya.

"Unsur pemerintahan yang menjadi anggota PMI juga memiliki basis seperti, Sudin Pendidikan yang ada siswa-siswanya, Sudin Sosial memiliki relawan-relawan sosial yang diharapkan di dalam tubuh PMI ada sinergi melakukan aksi kemanusiaan," tuturnya.

Sementara itu, Ketua PMI Provinsi DKI Jakarta Rustam Effendi mengungkapkan, pelantikan ini memang diperlukan karena organisasi harus berjalan sesuai aturan yang ada karena kepengurusan PMI berlangsung selama 5 tahun.

"Kepengurusan yang lama sudah berakhir dan kita lantik lagi kepengurusan yang baru masa bakti 2023-2028 diharapkan PMI Jakarta pusat bisa lebih baik lagi dengan semangat baru, dengan orang-orang yang baru yang sebagian besar anak-anak muda," ungkapnya.

"PMI merupakan organisasi yang melayani kemanusiaan akan terus berkolaborasi dan bersinergi dengan pemerintah setempat," tandasnya.