Wali Kota Jakpus Buka Festival Budaya Galur

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma membuka Festival Budaya Galur. Foto: Maulana

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma membuka Festival Budaya Galur yang berlangsung di wilayah Kelurahan Galur, Kecamatan Johar Baru, Sabtu (28/10).

Dhany sukma mengatakan, kegiatan ini diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia yang telah melihat potensi kebudayaan yang ada di wilayah Kelurahan Galur untuk dapat dikembangkan. 

"Jadi tugas pemerintah menstimulus dan responnya dari masyarakat kemudian perencanaan dan pelaksanaan murni dilaksanakan oleh masyarakat. Ini adalah metodologi yang efektif dalam mengembangkan kebudayaan yang berangkatnya dari komunitas untuk memperkuat modal sosial masyarakat khususnya di Kelurahan Galur," katanya.

Menurut Dhany, ketika masyarakat diberikan ruang dan mendesain kegiatan yang berbuah karya yang disepakati dan dijalankan oleh masyarakat dan hasilnya akan sesuai dengan nilai publik di masyarakat Kelurahan Galur.

"Ini sangat cocok dan perlu direplikasi dan kembangkan. Harapan kita dari pihak kementerian bisa terus dikembangkan dan saya yakin ini merupakan kejelian kementerian melihat potensi masyarakat yang ada di Kecamatan Johar Baru," ucapnya.

"Harapannya masyarakat semakin guyub, semakin mengembangkan kerja sama, sama-sama membangun lingkungan yang lebih baik lagi," imbuhnya.

Sementara itu, Pelaksana tugas (Plt) Lurah Galur Ferry Zahrudin mengaku senang dan bersyukur karena di tanggal yang bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda ini wilayahnya dapat digelar Festival Budaya Galur.

"Alhamdulillah festival ini disambut baik masyarakat karena dalam festival ini menampilkan potensi masyarakat yang ada di Galur," ucapnya.

Ferry memaparkan kegiatan festival budaya ini berlangsung di lima titik yaitu, RPTRA Komando Ceria, Jalan Rawa Tengah VI, Jalan Topaz, Gedung Sasana Krida Karang Taruna, dan halaman Kelurahan Galur.

"Acaranya ada Diskusi Budaya, Pertunjukan Teater, Pameran, Monolog, Musikalisasi Puisi, Kuliner, Lomba Lagu Perjuangan dan lainnya, Alhamdulillah anak-anak muda yang bergerak, anak muda di Kelurahan Galur sangat mencintai seni dan teater," paparnya.

"Kelurahan Galur selalu mendukung seluruh kegiatan positif masyarakat. Semoga melalui kegiatan ini akan terus tumbuh kebudayaan ataupun teater di wilayah Kelurahan Galur dan kegiatan ini bisa terus berlangsung di tahun-tahun berikutnya dan lebih meriah lagi," pungkasnya.