Wali Kota Jakpus Terima Sekjen OIC-CA di Balai Kota

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menerima Sekjen OIC-CA di Balai Kota. Foto: pusat.jakarta.go.id

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mewakili Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menerima Sekretaris Jenderal (Sekjen) Organization Islamic Cooperation Cultural Activity (OIC-CA) Bidang Kemanusiaan, Sosial dan Budaya, Tarig Ali Bakhit. 

Pertemuan tersebut dalam acara Welcoming Dinner OIC-CA Indonesia 2023, di Balai Agung, Balai Kota DKI Jakarta, Jumat (7/7) malam.

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menuturkan, kerukunan antar umat beragama menjadi bagian yang ingin dilihat dan diketahui dari para delegasi yang hadir di Jakarta.

"Salah satu wujud kerukunan itu, di sini bisa ditunjukkan dengan keberadaan Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral, juga Gereja Immanuel yang lokasinya sangat berdekatan. Saya ingin Jakarta, khususnya di Jakarta Pusat Islam yang damai dan menjadi rahmat bagi seluruh alam semesta bisa terjaga," ungkapnya.

Dhany menjelaskan, Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral juga menjadi cerminan dari kebhinekaan di Jakarta. Begitu banyak perbedaan agama, suku, bahasa hingga adat istiadat.

"Semua perbedaan ini dalam Islam hakekatnya untuk saling mengenal dan bukan menjadi alasan untuk berselisih. Justru kita harus saling menghormati dan menghargai perbedaan yang memang merupakan sunnatullah, tapi persatuan ini perlu terus kita ikhtiarkan," jelasnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris Jenderal Organization Islamic Cooperation Cultural Activity (OIC-CA) Bidang Kemanusiaan, Sosial dan Budaya, Tarig Ali Bakhit Salah sangat mengapresiasi kerukunan umat beragama di Jakarta.

Tariq mengatakan, saat berada di Jakarta dirinya sudah berkunjung ke Masjid Istiqlal dan Gereja Katedral yang lokasinya berdekatan.

"Sangat jelas, nilai-nilai toleransi dan kerukunan di sini sangat tinggi, bisa menjadi contoh. Kami dari OIC-CA sangat mengapresiasi ini (diterjemahkan -red)," ujarnya. 

Menurutnya, Jakarta juga menjadi cerminan modernisasi dan role model yang sangat baik tentang menjaga kerukunan dan kedamaian.

"Ini sangat penting untuk menegaskan Islam yang rahmatan lil alamin. Jadi, komentar saya Jakarta, Indonesia sangat bagus," terangnya.

Sementara itu, salah seorang delegasi asal Indonesia dari Pengurus Besar Serikat Mahasiswa Muslimin Indonesia Rini Asriasni mengungkapkan, orientasi dari kegiatan OIC-CA adalah perkenalan budaya bernuansa Islami dari 56 negara anggota.

"Dalam kegiatan ini juga akan diisi dengan diplomasi dari negara-negara OIC-CA," ucapnya.

Dia menambahkan, pertemuan nantinya akan berlangsung di Samarinda dan Balikpapan mulai 8-14 Juli 2023. Kegiatan dimulai dengan kunjungan ke Jakarta pada 7 Juli 2023.

"Dalam diplomasi ini menjadi kesempatan dari generasi muda Islam untuk belajar tentang diplomasi. Nantinya, kita juga akan dilakukan Model Organization Islam Cooperation dari pemuda di masing-masing negara untuk menyampaikan isu yang diangkat," tandasnya.