Wali Kota Kukuhkan 54 Anggota Paskibraka Jakpus

Reporter: Rio Cornelianto | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengukuhkan 54 anggota Paskibraka. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengukuhkan 54 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tahun 2023, setelah usai menjalani karantina dan pelatihan selama dua bulan.

Dhany Sukma mengatakan, pengukuhan ini menandakan bahwa proses pelatihan yang digelar selama ini telah selesai dan anggota Paskibraka Jakarta Pusat (Jakpus) yang baru siap mengemban tugas.

“Pengucapan Ikrar Putra Indonesia dan pemakaian kendit serta Lencana Merah Putih Garuda menunjukan sebagai simbol bahwa paskibraka siap berbakti bagi bumi Indonesia,” kata Dhany.

Dhany menambahkan, nantinya para anggota Paskibraka Jakarta Pusat akan mengemban tugas mengibarkan bendera pusaka pada HUT Republik Indonesia ke-78 mendatang.

“Selain mengibarkan Bendera Pusaka Indonesia pada hari nasional, paskibraka akan menjadi Duta Pancasila,” imbuhnya.

Tak lupa, Dhany juga mengimbau kepada para Anggota Paskibra Jakarta Pusat untuk menjaga kesehatan, kekompakan dalam menghadapi tugas mulia sebagai pengibar bendera merah putih.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Pemuda dan Olah Raga (Kasudin Pora) Kota Administrasi Jakarta Pusat Makmur menjelaskan, ke-54 anggota paskibra ini telah mengikuti pelatihan Tingkat Kota Jakarta Pusat sejak Mei hingga Agustus 2023.

“Kita latihan sampai tanggal 17 Agustus supaya saat upacara anggota paskibraka semakin kompak,” jelasnya.

Makmur berharap para anggota paskibraka dapat menjalankan dengan baik amanat dan tugasnya sebagai Duta Pancasila.

Untuk diketahui, dalam pengukuhan Paskibraka Jakarta Pusat Tahun 2023 dibuka dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Turut dihadiri orang tua para siswa-siswi paskibraka.  

Setelah itu, anggota paskibraka mendengarkan pembacaan Ikrar Putra Indonesia dan pemakaian kendit serta Lencana Merah Putih Garuda oleh Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat kepada Tiara Aulia Nasution sebagai perwakilan Paskibraka Jakarta Pusat 2023.

Pemasangan lencana itu disaksikan oleh Forum Koordinasi Pimpinan Kota (Forkopimko) dan Purnawirawan Paskibraka Indonesia (PPI) Jakarta Pusat.