Wali Kota Meninjau Lokasi Kebakaran Petojo Selatan

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma meninjau kebakaran di Jalan Tanah Abang V. Foto: Maulana

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma meninjau lokasi kebakaran bangunan semi permanen, di Jalan Tanah Abang V, RT 03 RW 03, Kelurahan Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Senin (27/2).

Dalam tinjauannya, Dhany menjelaskan, pascakebakaran ini pihaknya akan segera memberikan bantuan kepada warga yang terdampak.

"Dari Pemkot sendiri yang pasti untuk dari aspek kemanusiaan kita akan coba penuhi kebutuhan makannya, tiga kali sehari, sambil kita identifikasi tempat tinggal tetap mereka di mana, karena di sini sifatnya hanya menyewa atau mengontrak," terang Dhany di lokasi.

Sementara, untuk dokumen kependudukan warga yang hilang akibat kebakaran, kata Dhany, pihaknya melalui Disdukcapil akan melayani penerbitan dokumen baru.

"Dengan catatan yang bersangkutan memiliki dokumen kepemilikan. Nah, ketika di sistem itu ada dokumen kepemilikan, maka dari Disdukcapil bisa langsung menerbitkan dokumen kependudukannya," lanjut Dhany.

Terkait kejadian ini, Dhany mengimbau kepada warga yang tinggal di area padat penduduk, dan bangunan semi permanen untuk memperhatikan kondisi lingkungan dan keselamatan diri.

"Menyewa dengan nilai yang terbatas tapi kondisi juga terbatas, resikonya akan mengalami kerugian yang lebih besar, lebih baik menyewa pada tempat yang resmi," jelasnya.

Untuk diketahui, kebakaran terjadi di wilayah permukiman RW 03 Petojo Selatan pada hari Minggu (26/2) sore. Kebakaran tersebut menghanguskan 87 bangunan semi permanen yang dihuni 113 KK. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.