Wali Kota Serahkan Piala dan Piagam Penghargaan Program JAKBEE

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Penyerahan piala dan piagam penghargaan. Foto: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menyerahkan piala dan piagam penghargaan program Jakarta Baznas Entrepreneur Empowerment (JAKBEE) Tingkat SMA/SMK, di ruang serbaguna besar, jantor wali kota setempat, Kamis (2/11). 

Dhany Sukma mengatakan, JAKBEE telah mewadahi para siswa SMA/SMK dalam kreativitas dan berinovasi di bidang digital dan entrepreneur yang bisa disalurkan. 

“Harapnya mereka bisa menggali bekal dan potensi. Kemudian mereka juga kami harapkan akan menemukan minat, bakat dan potensi kebutuhan lingkungan untuk perkembangan produk mereka,” tuturnya. 

Sementara itu, Koordinator Baznas Bazis Kota Administrasi Jakarta Pusat Subarna menambahkan, produk para siswa khususnya makanan maupun minuman yang mendapatkan juara akan dibantu dikembangkan serta dibimbing oleh Baznas Bazis Jakarta Pusat bersama Sudin PPKUKM Jakarta Pusat untuk segala administrasinya. 

“Pertama kita bantu buatkan Nomor Induk Berusaha (NIB) lalu nanti akan merambah ke sertifikasi Halal, BPOM, hingga Sertifikat Produksi Pangan Industri Rumah Tangga secara bertahap,” tuturnya. 

Menurutnya, pendampingan untuk semua proses perizinan tersebut perlu dilakukan untuk mempermudah para siswa mengembangkan produknya. 

Di tempat yang sama, salah satu Pemenang Juara 1 JAKBEE 2023 Kategori Digital diraih SMKN 03 Jakarta Sekar Ayu Lestari mengatakan, pihaknya beserta teman-teman lainnya membuat iklan layanan masyarakat Baznas Bazis dengan durasi 5 menit bertema “Jangan Lupa Bersyukur, Jangan Lupa Berzakat”.

“Proses syuting 2 jam. Kami ingin edukasi masyarakat bahwa dengan gawai kita bisa berbuat baik dan berzakat. Di video itu kami juga memberitahu cara berzakat melalui gawai dalam aplikasi milik Baznas Bazis,” imbuh Sekar. 

Sekar juga berharap dengan kemenangan ini akan membuat ia dan teman-temannya lebih kreatif lagi dalam membuat konten yang baik dan benar. “Kami ingin mengembangkan ke konten-konten lainnya,” tuturnya. 

Perlu diketahui, dari lomba tersebut telah terpilih tiga pemenang untuk dua kategori yaitu, Bidang Digital Juara 1 Kelompok Three DAS dari SMKN 3 Jakarta. Juara II Kelompok Sunflower dari SMAN 27 Jakarta Juara III Kelompok High Five dari SMKN 3 Jakarta.

Bidang Produk, Juara 1 Kelompok The Raw dari SMAN 4 Jakarta, Juara II Kelompok Trantrip dari SMAN 25 Jakarta, Juara III Kelompok Doorool dari SMAN 20 Jakarta.