Wali Kota: Terapkan Pedoman Pancasila Dalam Tindakan Sehari-hari

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma memimpin Upacara Hari Lahir Pancasila. Foto: Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat menggelar upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, di halaman kantor wali kota, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Kamis (1/6).

Upacara yang dipimpin langsung oleh Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma dihadiri perwakilan Forkopimko, Ketua TP PKK, Dharmawanita, Dewan Kota, SKPD-UKPD, dan camat-lurah se-Jakarta Pusat.

Dhany mengatakan, ini merupakan momentum yang bagus dan strategis untuk membumikan nilai-nilai luhur Pancasila pada setiap warga negara Indonesia.

"Pancasila merupakan sebuah standar dalam beretika dan bernegara sehingga harapannya dengan nilai-nilai Pancasila kita akan menampilkan sikap, perilaku dan tindakan yang mencerminkan nilai-nilai Pancasila," katanya.

"Ini sudah menjadi sebuah konsensus dari pendiri bangsa kita terdahulu dengan menempatkan nilai-nilai universal yang sesuai karakteristik bangsa dan negara yaitu Pancasila," imbuhnya.

Dhany menuturkan, seluruh masyarakat tidak hanya di Jakarta Pusat pastinya sudah menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Ini adalah pandangan hidup, dasar negara kita yang harus dipahami dan di internalisasi oleh seluruh rakyat Indonesia. Pancasila merupakan pedoman yang harus kita terapkan dalan segala tindakan sehari-hari," tuturnya.