Wali Kota Tinjau Vaksinasi Hewan Penular Rabies di RPTRA Mustika Cideng

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Wali kota meninjau vaksinasi rabies di RPTRA Mustika Cideng. Foto: Malik Maulana

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Dhany Sukma meninjau vaksinasi bagi Hewan Penular Rabies (HPR) yang diinisiasi Suku Dinas (Sudin) Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) di RPTRA Mustika Cideng, Kecamatan Gambir, Senin (17/7).

Dhany menjelaskan, vaksinasi bagi HPR ini rutin diadakan setiap tahunnya dalam rangka mengeliminasi kasus rabies dan  merupakan komitmen global. 

"Upaya yang kita lakukan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat guna menekan kasus eliminasi (pemusnahan hewan penular)  rabies, khususnya di Jakarta Pusat. Salah satunya memvaksinasi hewan peliharaan yang berpotensi menularkan rabies seperti, anjing, kucing, dan kera.  Itu yang menjadi fokus perhatian kita,” jelasnya.

Tugas pemerintah, lanjutnya, untuk melindungi warganya dari penyakit rabies. Untuk itu, mengintensifkan pelaksanaan vaksinasi bagi hewan peliharaan maupun hewan liar terus dilakukan. 

“Saya mengimbau kepada masyarakat apabila memiliki hewan peliharaan kucing, anjing, kera, musang, dan sebaginya segera lakukan vaksinasi rabies. Jika tidak secara mandiri, pemerintah juga hadir bersama dengan Sudin KPKP di RPTRA terdekat. Hal ini mendukung mempertahankan DKI Jakarta tetap bebas rabies," jelasnya.

Sementara itu, Kasudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi Pudyastuti menargetkan 5.681 dapat melakukan vaksinasi rabies dengan rincian anjing 1.049, kucing 4.582, kera 25, dan musang 25. 

"Dari Januari sampai Juli Sudin KPKP telah melakukan vaksin rabies sebanyak 2.340 ekor," ucapnya. 

Penty juga mengimbau agar pemilik yang masih memelihara kera dan musang dianjurkan untuk divaksin setahun sekali untuk mempertahankan DKI Jakarta bebas rabies atau zero rabies. 

"Saya berharap kita tetap mempertahankan DKI zero rabies. Makanya vaksinasi, sosialisasi, dan sterilisasi bagi kesehatan hewan terus kita lakukan dan dorong kepada masyarakat yang memelihara HPR," imbaunya.

Untuk diketahui, vaksinasi rabies gratis yang diadakan di RPTRA Mustika Cideng sebanyak 52 hewan peliharaan yang telah tervaksin terdiri dari 31 kucing dan 21 anjing.