Wawali Buka Apresiasi dan Lomba Seni Nuansa Religi di Gedung Kesenian Wayang Orang Bharata

Reporter: Malik Maulana  | Editor: Andreas Pamakayo

Pembukaan Apresiasi dan Lomba Seni Nuansa Religi Tahun 2023, di Gedung Kesenian Wayang Orang Bharata. Foto: Malik Maulana

Suku Dinas Kebudayaan Jakarta Pusat menggelar Pembukaan Apresiasi dan Lomba Seni Nuansa Religi Tahun 2023, di Gedung Kesenian Wayang Orang Bharata, Jalan Kali Lio 16 Kei, Kecamatan Senen, Senin (21/8).

Wakil Wali Kota (Wawali) Administrasi Jakarta Pusat Chaidir yang membuka kegiatan tersebut mengapresiasinya sebab, memiliki tujuan untuk melestarikan serta mengembangkan budaya yang telah ada agar dinamika terhadap kebudayaan tetap berkesinambungan.

“Harapnya dengan lomba ini kita punya kader baru, penerus baru. Jadi terus berkesinambungan sampai generasi baru yang akan datang,” katanya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Pusat Moh Nurdin menambahkan, selain menggelar perlombaan kegiatan tersebut sekaligus merupakan ajang evaluasi yang dilakukan Sudin Kebudayaan terhadap alat musik nuansa Islami yang sudah didistribusikan kepada masyarakat, baik melalui Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2022 ataupun dari reses anggota DPRD DKI Jakarta.

“Total ada 30 grup dari delapan kecamatan. Dengan rincian sembilan group untuk lomba hadroh, 11 grup untuk marawis, dan 10 grup untuk lomba rebana,” rincinya.

Menurutnya, para peserta yang hadir dari organisasi Islam yang terikat dalam pengajian, remaja masjid, dan remaja pelajar yang tergabung dalam Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS).

“Hari ini kita tentukan pemenang di tingkat kota. Pemenang Juara 1 sampai 3 nantinya akan mewakili tingkat kota ke tingkat provinsi, bersaing dengan wilayah lainnya,” terang Nurdin.

Nurdin berharap, para pemenang nantinya lebih giat berlatih dengan peralatan yang sudah diberikan dari Sudin Kebudayaan Jakarta Pusat serta tidak hanya juara di tingkat kota tapi juga dapat juara di tingkat provinsi. “Terus berlatih dan lestarikan kebudayaan Indonesia,” tutupnya.

Untuk diketahui, dalam kegiatan Apresiasi dan Lomba Seni Nuansa Religi ini ada lomba Marawis, Lomba Qosidah, Hadroh, Nasyid, Pop Akustik dan hadiahnya ada lima kategori yang akan diperebutkan yaitu, Harapan 2 uang pembinaan 6,5 Juta, harapan 1 7,5 juta, Juara 3 mendapat 8,5 juta, Juara 2 mendapat 10 juta, dan Juara 1 mendapat 12,5 juta.