Wawali Buka Bazar Jakpreneur dan Pergelaran Kesenian di SMKN 38

Reporter: Maulana/Danar | Editor: Andreas Pamakayo

Wawali membuka bazar Jakpreneur di SMKN 38 Jakarta. Foto: Maulana

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Chaidir membuka Bazar Jakarta Enterpreneur (Jakpreneur) dan pergelaran kesenian terpilih di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 38 Jakarta, Jalan Karet Pasar Baru Timur II, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat, Kamis (22/6).

Chaidir mengatakan, kegiatan ini dalam rangka HUT Kota Jakarta ke-496 diikuti gabungan sekolah dari tingkat SD, SMP, SMK, dan SLB yang sangat menarik serta juga dapat meningkatkan kreativitas para siswa.

"Dengan ada kegiatan menyemarakan HUT Kota Jakarta ke-496 ini membangkitkan suatu bakat-bakat yang terpendam pada diri siswa-siswi untuk ditampilkan. Mudah-mudahan bakat siswa tetap berkembang dan berdampak positif," katanya.

"Ini yang pertama, mungkin nanti ada sekolah-sekolah lainnya yang akan menyemarakan HUT Kota Jakarta," imbuhnya.

Dalam kesempatan ini, Chaidir mengucapkan Selamat Ulang Tahun Kota Jakarta ke-496 semoga Jakarta semakin maju. "Harapannya Jakarta dapat berkarya untuk nusantara, dan sukses untuk Indonesia," harapnya.

Sementara itu, Camat Tanah Abang Dicky Suherlan yang merupakan penyelenggara acara menjelaskan, kegiatan ini merupakan rangkaian HUT Jakarta ke-496 yang biasa dilaksanakan di wilayah dan melibatkan masyarakat, kini dilaksanakan di sekolah-sekolah atau dunia pendidikan. 

"Siswa, guru, dan semuanya ingin terlibat dalam menyemarakkan dan menyemangati HUT Jakarta ke-496. Ini merupakan kolaborasi mulai dari sekolah, Sudin Pendidikan, Sudin Kebudayaan, dan Sudin PPKUKM," jelasnya.

"Alhamdulilah didukung dari Sudin Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Pusat dan ada kreasi seni ini dari delapan sekolah yang terlibat termasuk tadi dari SLB, dari UMKM ada Jakpreneur yang ada di lingkungan kita dan ada juga produk-produk bazar berasal dari sekolah seperti SMK 38 dengan produk masakan, kerajinan, dan sebagainya di jual di sini," imbuhnya.

Sebelumnya, lanjut Dicky, di wilayah Tanah Abang baru saja menyelenggarakan Lebaran Tenabang dan semua komponen masyarakat Tanah Abang berkumpul. Nanti pada bulan Agustus dan September akan ada kegiatan juga di Tanah Abang. 

"Walaupun ini belum melibatkan semua sekolah tapi karena pertimbangan baru awal sehingga, kita selenggarakan dilingkup sekolah terlebih dahulu dan nanti kedepannya kita akan buat yang lebih besar lagi berkolaborasi dengan masyarakat," ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Suku Dinas (Kasudin) Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Pusat M Nurdin menjelaskan, kegiatan hari ini di SMKN 38 merupakan bentuk dukungan dari Sudin Kebudayaan atas apa yang digagas oleh pihak Kecamatan Tanah Abang.

“Kegiatan ini merupakan gagasan dari Kecamatan Tanah Abang dan kami dari Sudin Kebudayaan memberikan dukungan,” ujar Nurdin.

Nurdin juga berharap bahwa kegiatan pagelaran seni budaya ini perlu dilakukan di delapan titik kecamatan lainnya.

“Tadi Pak Wakil Wali Kota kota ingin acara seperti ini diadakan juga di kecamatan lainnya, dan kami dari Sudin Kebudayaan siap mendukung dan mendukung pagelaran seni dan budaya di delapan kecamatan lainnya,” tegas Nurdin.