Wawali Buka Sosialisasi LBIQ dan BTQ

Reporter: Berlian Sigit | Editor: Andreas Pamakayo

Wawali membuka sosialisasi LBIQ dan BTQ. Foto: Malik Maulana

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Chaidir membuka sosialisasi Lembaga Bahasa dan Ilmu Al-Qur'an (LBIQ) dan Baca Tulis Quran (BTQ) yang dihadiri guru Agama Islam Tingkat SD dan SMP di lingkungan Sudin Pendidikan Wilayah JP 1 dan JP 2.

Chaidir mengatakan, LBIQ ini merupakan lembaga yang dibentuk oleh Provinsi DKI Jakarta sejak 1981. Banyak program-program kegiatan untuk masyarakat dalam bidang keagamaan khususnya program baca Al-Qur'an dan bahasa Arab. 

Menurutnya, Al-Qur'an adalah firman Allah SWT yang apabila kita membacanya maka akan mendapatkan pahala dan membacanya wajib dengan tajwid. Kemudian menulis Al-Qur'an merupakan langkah awal yang harus ditempuh untuk memperdalam agama Islam. 

"Pembelajaran membaca dan menulis Al-Qur'an sudah seharusnya diajarkan kepada peserta didik di semua jenjang pendidikan baik di jenjang pendidikan formal maupun non formal. Jangan lagi ada yang buta huruf Al-Qur'an khususnya dilingkungan sekolah, bukan hanya dari peserta didik, namun juga terhadap wali murid dan seluruh anggota keluarganya,"  katanya, di Ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Jumat (10/11).

"Semoga acara sosialisasi ini dapat berjalan dengan baik dan dapat memberikan maslahat serta manfaat bagi kita semua," harapnya.

Sementara itu, Kepala LBIQ Provinsi DKI Jakarta Haji Supli Ali menambahkan, peserta sosialisasi yang hadir siang ini berasal dari guru Agama Islam tingkat SD dan SMP di lingkungan Sudin Pendidikan JP 1 dan JP 2.

"Sebanyak 200 peserta hadir pada sosialisasi LBIQ dan BTQ siang ini, terdiri dari para guru Agama Islam tingkat SD dan SMP di lingkungan Sudin Pendidikan JP 1 dan JP 2 serta dihadiri juga oleh para kepala sekolah," tandasnya.