Wawali Hadiri Gelar Silaturahim dan Halaqoh Dakwah MUI Jakpus

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Wawali menghadiri silaturahim serta halaqoh dakwah MUI. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Wakil Wali Kota (Wawali) Administrasi Jakarta Pusat Chaidir menghadiri kegiatan silaturahim serta halaqoh dakwah Majelis Ulama Indonesia (MUI), di Ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Senin (19/6). 

Kegiatan yang mengangkat tema ‘Urgensi Dai dan Dewan Kemakmuran Masjid Dalam Menjaga Ukhuwah di Tahun Politik’ ini menghadirkan Ketua Komisi Dakwah MUI Pusat KH. Muhammad Cholil Nafis yang juga sebagai pembicara utama.

Chaidir menuturkan, kegiatan ini untuk mempersiapkan para dai serta dewan kemakmuran masjid agar dapat bersikap netral dalam pelaksanaan pemilu di tahun 2024 mendatang.

“Pertemuan ini juga untuk menyamakan persepsi bahwa yang bersifat kedakwahan Islam itu bersifat netral, tidak berpihak pada manapun, tidak adanya konflik kepentingan terlebih memasuki tahun politik,” tuturnya didampingi Kabag Kesra Kota Administrasi Jakarta Pusat Ahmad Juhandi. 

Di tempat yang sama, Ketua MUI Jakarta Pusat KH. Robi Fadil Muhammad dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada komisi dakwah MUI pusat yang bersedia berkolaborasi dalam penyelenggaraan kegiatan ini.

Menurut Robi, karena memang dai dan para dewan kemakmuran masjid memiliki peran yang strategis dalam tahun politik 2024 mendatang.

“Selain itu, media sosial juga memiliki peran yang tidak kalah pentingnya, jangan sampai jari-jari kita ini menyebarkan kabar yang belum tentu benar, di samping itu, kegiatan ini juga akan membekali kita para dai dan dewan kemakmuran masjid terhadap ilmu-ilmu atas apa yang boleh dilakukan sekaligus larangan pada masa kampanye nanti,” ucapnya.

Robi berharap kedepannya, para dai serta dewan kemakmuran masjid yang ada di Jakarta Pusat dapat menselaraskan visi misi sehingga, tidak mudah disusupi oknum politik yang bertujuan memecahbelahkan umat Islam di saat masa kampanye nanti.