Wawali Pimpin Upacara Bendera HUT ke-78 Kemerdekaan RI

Reporter: Muhamad Aulia  | Editor: Andreas Pamakayo

Upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Foto: Maulana

Wakil Wali Kota (Wawali) Administrasi Jakarta Pusat Chaidir memimpin Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) di halaman kantor wali kota setempat, Kamis (17/8). 

Upacara tersebut diikuti ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN), para Forkopimda, veteran dan pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat. 

“Melalui upacara, kita harus menghargai perjuangan para pahlawan kita yang telah membawa kita meraih kemenangan dan perjuangan ini untuk Indonesia,” kata Chaidir. 

Menurutnya dengan tema kemerdekaan “Terus Melaju untuk Indonesia Maju” mengajak warga Indonesia khususnya Jakarta Pusat untuk terus berjuang dan bergerak maju dalam menghadapi tantangan melalui semangat gotong royong. 

“Dalam mewujudkan hal itu perlu adanya gotong royong dari semua pihak,” tuturnya. 

Dikatakan Chaidir, perayaan HUT RI ini juga merupakan momentum bagi semua pihak untuk sama-sama merenung sejauh mana peran pembangunan Jakarta dalam memajukan bangsa dan kesejahteraan rakyat. 

“Pemprov DKI Jakarta harus mengarahkan fokusnya terhadap transformasi Jakarta menjadi kota global. Sebagai simpul utama jaringan ekonomi dunia yang berdampak nyata pada keputusan sosial dan ekonomi global,” imbuhnya.

Di tahun yang akan datang, lanjutnya, peran kota sangat mendukung untuk pertumbuhan ekonomi Indonesia. 

“Jadi kami Pemkot Jakarta Pusat siap menjadikan Jakarta sebagai kota global yang memiliki daya saing tinggi dengan kota-kota lainnya di dunia,” imbuhnya. 

Chaidir juga meminta setiap ASN di lingkungan Jakarta Pusat juga harus memiliki visi yang sejalan dengan pembangunan Jakarta. Terutama inovasi-inovasi pelayanan dan penguasaan teknologi kepada masyarakat perlu ditingkatkan.