1.107 Anggota PMR Ikuti Jumbara IAC XI

Reporter: Andre  | Editor: Andreas Pamakayo

Pembukaan Jumbara PMR IAC ke-XI. Foto: Malik Maulana

Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Pusat mengadakan Jumpa Bakti Gembira (Jumbara) Palang Merah Remaja (PMR) Inter Amar Carita (IAC) ke-XI, di Bumi Perkemahan Cibubur, Lapangan Kempi 4, Senin (25/6). 

Jumbara PMR dibuka Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma, didampingi Ketua Panitia Penyelenggara IAC ke-XI PMI Kota Jakarta Pusat Ucu Jamilah, dan Ketua PMI Jakarta Pusat Asep Djuanda. Lalu dilakukan penanaman pohon toga di sekitar perkemahan. 

"Anak muda merupakan cikal bakal pemimpin masa depan, kita mempunyai tanggungjawab dalam mengembangkan potensinya dalam segala bidang. Salah satunya dalam Jumbara IAC ke-XI ini yang dapat mengembangkan potensi PMR di sekolah khususnya di wilayah Jakarta Pusat," kata Dhany Sukma saat membuka pelaksana Jumbara. 

Wali kota juga berharap pada Jumbara kali ini dapat mengasah potensi anggota PMR dimulai dari sisi kemanusiaan dan kepalangmerahan lain yang tentunya berdampak bagi masyarakat. 

"Adanya Jumbara kita ingin menanamkan karakteristik Pemuda kita yang memiliki kepedulian sosial yang tinggi dengan nilai-nilai utama kemanusiaan di dalam PMR atau PMI," ucapnya. 

"Menuju generasi emas di tahun 2045, merekalah yang nanti akan mengisi dan melanjutkan cita-cita perjuangan dalam membawa Indonesia ke tempat yang lebih baik," harapnya. 

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara IAC ke-XI PMI Kota Jakarta Pusat Ucu Jamilah menjelaskan, pada Jumbara IAC XI diikuti 1.107 peserta anggota PMR.

"Ada 1.107 peserta anggota PMR terdiri dari 37 sekolah Wilayah Pendidikan I, dan 52 sekolah Wilayah Pendidikan II Kota Administrasi Jakarta Pusat," jelasnya. 

Ucu juga berharap kegiatan ini dapat mempererat tali silaturahmi antar sesama anggota PMR. 

"Saya juga berharap melalui kegiatan Jumbara ini dapat melahirkan relawan-relawan muda PMI yang berkarakter dan dapat menjadi generasi muda yang potensial dari segi ilmu pengetahuan keterampilan maupun keimanan," harapnya. 

Di tempat yang sama, Ketua PMI Jakarta Pusat Asep Djuanda menambahkan, kegiatan ini akan berlangsung selama 3 hari. Diikuti pelajar dari tingkat SD, SMP, dan SMA di wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat.

"Pelaksanan Jumbara akan berlangsung dari tanggal 24 Juni-26 Juni 2024," terangnya.