160 Peserta Meriahkan Gebyar RPTRA Jakpus 2024

Reporter: Malik Maulana  | Editor: Andreas Pamakayo

Gebyar RPTRA Harapan Mulya. Foto: Malik Maulana

Sebanyak 160 peserta memeriahkan kegiatan Gebyar RPTRA Tingkat Kota Administrasi Jakarta Pusat, di RPTRA Harapan Mulya, Kelurahan Harapan Mulya, Kecamatan Kemayoran, Jumat (12/7).

Dalam gebyar RPTRA itu dilaksanakan berbagai lomba bertema "Aku Senang Bermain di RPTRA". Pemenang lomba akan mewakili Jakarta Pusat ke ajang serupa di Tingkat Provinsi.

Kepala Suku Dinas Pemberdayaan, Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (Kasudin PPAPP) Kota Administrasi Jakarta Pusat Dwi Wahyu Riyanti menjelaskan, Gebyar RPTRA Tingkat Kota Jakarta Pusat ini berisikan sejumlah kegiatan lomba seperti, mewarnai, menari, lego, dan kinerja pengelola RPTRA. Para peserta yang mengikuti lomba ini merupakan wakil dari RPTRA yang ada di delapan kecamatan se-Jakarta Pusat.

"Kegiatan lomba mewarnai, lego, dan menari diselenggarakan mulai pagi hari ini hingga selesai. Selanjutnya pada 15 Juli lomba kinerja pengelola RPTRA," katanya.

Dwi menerangkan, tahapan penilaian lomba kinerja RPTRA rencananya akan dilaksanakan di Ruang TP PKK, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat. Selanjutnya, mulai 16-18 Juli akan dilakukan tahapan verifikasi lapangan terhadap peserta lomba kinerja pengelola RPTRA tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinas PPAPP DKI Jakarta Mochammad Mifhullah Tamary mengatakan, kegiatan gebyar RPTRA ini merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap tahun. Kegiatan ini bertujuan mendorong peningkatan kinerja dan kemampuan menjaga RPTRA serta kegiatan yang terkandung di dalamnya.

"Keberadaan RPTRA saat ini sangat dibutuhkan di tengah kota yang terus tumbuh dan berkembang. RPTRA juga akan menjadi tolak ukur apakah Jakarta mampu menjadi kota global setelah tidak lagi menyandang nama ibu kota," ujarnya.

Menurutnya, keberadaan RPTRA merupakan oase sebagai rumah interaksi publik. Tidak hanya menyajikan ruang terbuka hijau dan berbagai fasilitas, tetapi mampu mengedukasi masyarakat agar meningkatkan kualitas kehidupannya dan lingkungan.

Karena itu, dia berharap para pengelola tidak hanya fokus pada kewajibannya merawat dan mengelola RPTRA. Mereka diharapkannya juga mampu berperan memfasilitasi berbagai kegiatan dan mengedukasi masyarakat.

"Kami dari PPAPP juga berkomitmen meningkatkan kompetensi pengelola RPTRA. Kami berharap dukungan semua pihak bersama, termasuk warga sekitar, menjaga dan merawat RPTRA," tegasnya.

Di tempat yang sama, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan berjenjang dari Tingkat Kecamatan hingga Provinsi.

Dhany juga berharap, para pemenang lomba di Jakarta Pusat nantinya bisa berprestasi di Tingkat Provinsi. "Saya berharap Jakarta Pusat bisa jadi juara umum pada penilaian evaluasi kinerja di Tingkat Provinsi termasuk untuk kegiatan lomba-lomba anak," tandasnya.