250 Anggota KPPS Kelurahan Kebon Kelapa Diperiksa Kesehatan

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Pemeriksaan kesehatan bagi anggota KPPS. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Kelurahan Kebon Kelapa bersama Puskesmas pembantu Kebon Kelapa melakukan pemeriksaan kesehatan bagi 250 anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS), di lobi kantor kelurahan setempat, Senin (12/2).

Kepala Puskesmas Pembantu Kebon Kelapa dr. Sarah Juniar menerangkan, pemeriksaan kesehatan ini terdiri dari tiga jenis yaitu, pemeriksaan tekanan darah, gula darah sewaktu, dan juga kolesterol serta asam urat.

Menurut Sarah, ini merupakan pemeriksaan tes kesehatan untuk kali kedua, setelah sebelumnya dilaksanakan pada saat seleksi pendaftaran untuk para calon anggota KPPS Kelurahan Kebon Kelapa.

“Jadi kita lakukan pemeriksaan kesehatan selama 2 hari. Hari ini 125 orang anggota KPPS dan untuk sisanya mendapat giliran besok,” ujarnya didampingi Kasie Pemerintahan Kelurahan Kebon Kelapa Imron.

Sarah menambahkan, bagi anggota KPPS yang didapatkan hasil kesehatannya di atas ambang normal, pihaknya akan memberikan rujukan pengantar untuk berobat ke Puskesmas, jadi nantinya akan ditindak lanjuti. 

“Sejauh ini kondisinya kesehatan KPPS tidak ada masalah namun, harus tetap kontrol kesehatan diri,” ucapnya.

Menyoal saat hari H pemilu, Sarah menginformasikan bahwa hasil koordinasi dengan Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta dan Sudin Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Pusat nantinya akan ada Dukungan Kesehatan (Dukes) yang berkeliling di 36 TPS Kelurahan Kebon Kelapa.

“Jadi seumpama ada yang keadaan darurat, kita juga menyediakan layanan on call, bisa dihubungi untuk datang ke TPS tersebut jika butuh ambulans, nanti segera akan kita koordinasikan dengan Puskesmas Gambir atau PK3D yang dahulu namanya AGD Dinkes DKI Jakarta,” jelasnya.

“Saya berharap para petugas KPPS dapat menjalankan tugas dengan maksimal dengan kondisi kesehatan yang prima, sehingga pelaksanaan pemilu dapat berjalan dengan sukses,” tutupnya.