40 Peserta Ikuti Pelatihan Olahan Ikan di RPTRA Kejora

Reporter: Zaki Ahmad Thohir  | Editor: Andreas Pamakayo

Pelatihan membuat olahan ikan. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat mengadakan pelatihan pengolahan hasil perikanan yang berlangsung di RPTRA Kejora, Jalan Pembangunan II, Kelurahan Petojo Utara, Kecamatan Gambir, Rabu (15/5). 

Pelatihan ini diikuti oleh 40 peserta yang berasal dari empat kecamatan yaitu, Gambir, Kemayoran, Tanah Abang dan Sawah Besar.

Kasudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi mengatakan, kegiatan ini akan berlangsung selama 2 hari dan setiap peserta akan mendapatkan bantuan berupa panci, alat penggiling daging ikan, dan bahan baku pembuatan bahan dasar ikan.

“Jadi kita terus berinovasi dalam melakukan pelatihan, supaya tidak bosen, untuk yang hari ini lebih ke frozen food, jadi bisa disimpan kemudian baru diolah untuk disantap,” ujarnya.

Lanjut Penty, bahan dasar ikan juga berguna untuk anak malnutrisi, sehingga dapat menjadi pembantu untuk memenuhi nutrisi dalam tubuhnya.

“Saya berharap kegiatan ini dapat meningkatkan wawasan terkait makanan sehat dan bergizi dari ikan. Selain itu, juga untuk membuka peluang usaha baru, siapa tau ada yang berbakat di bidang kuliner, dari pelatihan ini dapat dikembangkan menjadi usaha yang menjanjikan,” ungkapnya.

Sementara itu, Lurah Petojo Utara Dipta Dwipakusuma mengaku sangat mendukung dengan adanya pelatihan ini.

Pelatihan ini akan menjadi inspirasi di tengah hiruk-pikuk perkotaan terutama dalam hal ekonomi. Selain itu, akan memberikan semangat kepada warga masyarakat untuk terus berjuang meningkatkan kompetensi hidup.

“Tadi warga Petojo Utara saya liat ada yang ikut serta empat orang, saya berharap kesemua peserta dapat mengikuti pelatihan dengan baik, sehingga ke depannya dapat menyajikan makanan yang unik-unik, tidak menutup kemungkinan dapat diperjualkan di toko online,” tutupnya.