60 Lansia Lakukan Periksa Kesehatan di Posyandu Jelita RW 01 Cikini

Reporter: Berlian Sigit | Editor: Andreas Pamakayo

Pemeriksaan kesehatan bagi lansia. Foto: Maulana

Walaupun hujan sangat deras namun, tidak memadamkan semangat para lansia untuk memeriksakan kesehatannya, mereka berbondong-bondong hadir ke Pusat Kegiatan Warga RW 01, Jalan Cikini VII RT 016/RW 001, Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (16/2) pagi.

Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Menteng Utari menjelaskan, 60 warga lansia di RW 01 ini sangat antusias untuk mengecek kesehatannya.

"Walaupun hujan deras mereka tetap datang dengan menggunakan payung, ada yang datang bersama cucunya, ada yang diantar oleh anaknya, dan ada juga yang datang sendiri," ujarnya didampingi Lurah Cikini. 

Pengecekan kesehatan yang dilakukan oleh Posyandu Lansia Jelita RW 01 Cikini meliputi penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, lingkar perut, tensi, cek darah, serta pemberian makanan tambahan (PMT).

Utari mengaku program pengecekan kesehatan ini tidak hanya di RW 01 saja tetapi juga dilakukan di seluruh RW se-Kecamatan Menteng pada setiap bulannya.

"Program ini tidak hanya di RW 01 tapi semua di setiap RW yang ada di Kecamatan Menteng, kami rutin melakukan pemeriksaan kesehatan kepada para lansia. Selain itu, kami juga memberikan motivasi serta edukasi tentang pentingnya untuk memeriksakan diri khususnya kesehatan kepada tim medis," katanya.

"Semoga dengan adanya posyandu lansia ini dapat terus memantau kesehatan para lansia khususnya di wilayah Kelurahan Cikini," lanjutnya.

Utari juga mengimbau kepada para lansia di RW 01 untuk menjaga kesehatannya dengan cara berolahraga, dan makan-makanan yang sehat.

"Tetap jaga kesehatan dengan cara makan-makanan yang sehat, rajin berolahraga seperti, berjalan kaki, hidup sejahtera, serta lingkungan yang sehat juga akan mendukung kesehatan mereka," imbaunya.

Sementara itu, salah satu warga RW 01 Nurwati, merasa senang dengan terselenggaranya Posyandu ini karena dapat memeriksakan kesehatan tubuhnya.

"Alhamdulillah saya senang karena bisa mengecek kesehatan dan dekat dengan rumah. Pelayanan di Posyandu Lansia Jelita ini juga sudah cukup bagus, semoga bisa terus memberikan pelayanan yang terbaik buat warga," pungkasnya.