Antisipasi Kasus DBD, Wali Kota Lakukan Pemantauan PSN di Kebon Kacang

Reporter: Muhamad Aulia  | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma memantau jentik nyamuk di kamar mandi rumah warga. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Dalam rangka mengantisipasi kenaikan angka kasus Demam Berdarah Dengue (DBD), Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melakukan penyuluhan dan monitor Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) di Jalan Kebon Kacang XII Rt 07/03, Kelurahan Kebon Kacang, Kecamatan Tanah Abang. Kamis (28/3).

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, Kelurahan Kebon Kacang menjadi target kegiatan untuk mencegah terjadinya DBD.

Menurutnya, PSN di lingkungan warga harus digencarkan karena merupakan cara yang paling efektif untuk menurunkan angka kasus DBD.

"PSN adalah cara yang paling efektif karena kita memberantas penyebaran DBD langsung dari sumbernya dengan melakukan 3M Plus," katanya.

"Fogging kita lakukan apabila telah timbul kasus. Ditakutkan jika kita melakukan fogging terlalu sering akan menimbulkan resistansi dari nyamuk," imbuhnya.

Wali kota juga mengimbau masyarakat yang akan mudik ke kampung halaman agar memastikan tidak ada wadah yang terbuka sehingga dapat menimbulkan genangan air menjadi sarana nyamuk berkembang biak.

"Bagi warga yang ingin mudik lebaran jangan lupa yakinkan sebelum meninggalkan rumah tidak ada wadah terbuka sehingga yang bisa berpotensi menjadi sarang nyamuk," imbaunya.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Kepala Suku Dinas (Kasudin) Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Pusat Rismasari, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) Sekko Administrasi Jakarta Pusat Ahmad Joehandi, Camat Tanah Abang Dicky Suherlan, dan Plt Lurah Kebon Kacang Iksan Kamil.