Baznas Bazis Jakpus Gelar Berkah Ramadan

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Pemberian apresiasi dari Baznas Bazis Kota Administrasi Jakarta Pusat. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Baznas (Bazis) Kota Adminstrasi Jakarta Pusat melaksanakan kegiatan Berkah Ramadan yang berisi dengan acara pemberian santunan dan beasiswa serta penyerahan apresiasi dalam penunaian
ZIS (Zakat Infak Sedekah) Aparatur Sipil Negara (ASN) dan pengusaha.

Koordinator Baznas Bazis Kota Administrasi Jakarta Pusat Raja Zamzami menjelaskan, pemberian apresiasi ini dibagikan untuk para PO (Petugas Operasional) yang berada di tingkat kelurahan dan kecamatan serta Satuan Pelaksana Sudin Pendidikan yang ada di kecamatan.

“Jadi kelurahan dan kecamatan itu ada target masing-masing itu berbeda-beda targetnya, jadi capaian target yang paling tinggi itu yang kita berikan apresiasi. Untuk tingkat kecamatan tertinggi Tanah Abang, kemudian Cempaka Putih dan Gambir. Sementara untuk kelurahan yaitu, tertinggi Kelurahan Petojo Selatan, Kebon Kacang, kemudian Cempaka Putih Barat,” katanya.

Zamzami menambahkan, untuk jumlah penerima bantuan duafa yaitu 700 orang, marbot masjid 350 orang dan beasiswa untuk 400 mahasiswa.

“Total bantuan nominalnya satu orang Rp 1.000.000, metode yang kita gunakan dibagi dalam dua bentuk yaitu, transfer senilai 700 ribu dan sisanya digunakan untuk belanja sembako, dalam sembako itu mereka nanti bisa membeli di sekitaran rumah dengan warung yang telah diverifikasi sebelumnya.

“Sedangkan untuk beasiswa masing-masing orang itu 6 juta, dan kita menyalurkannya itu dalam per tiga bulan sekali jadi 1,5 juta per 3 bulan,” jelasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota (Wawali) Administrasi Jakarta Pusat Chaidir mengatakan, ke depannya dengan memberikan zakat infak melalui Baznas Bazis Kota Administrasi Jakarta Pusat nantinya dapat membantu saudara-saudara yang membutuhkan seperti, bencana, kemudian bedah rumah, dan sebagainya.

“Dari zakat infak ini kita bisa daya gunakan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Tadi kita telah menyerahkan beberapa apresiasi kepada para camat, lurah, UKPD, dan petugas marbot masjid, serta anggota masyarakat lainnya seperti mahasiswa juga kita berikan beasiswa berupa apresiasi atau penghargaan,” ujarnya.

Chaidir juga mengajak di bulan Ramadan yang sangat baik dan penuh berkah ini seyogyanya berbuat kebaikan dalam hal saling berbagi yang harus ditingkatkan seperti contoh, menunaikan ZIS yang diserahkan langsung ke Baznas Bazis Jakarta Pusat.

“Semoga dengan menyisihkan 2,5 persen dari harta yang kita miliki, hidup kita akan semakin berkah,” harapnya.