Baznas Bazis Jakpus Targetkan 38 Miliar Pengumpulan Dana ZIS Tahun 2024

Reporter: Berlian Sigit | Editor: Andreas Pamakayo

Rapat optimalisasi peningkatan ZIS. Foto: Malik Maulana

Baznas Bazis Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) menargetkan pengumpulan dana Zakat Infak Sedekah (ZIS) Tahun 2024 sebesar 38 miliar.

Demikian dikatakan Koordinator Baznas Bazis Kota Administrasi Jakarta Pusat Raja Mohammad Zamzami saat rapat optimalisasi peningkatan ZIS, di Jalan Raya Puncak Gadog, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (1/3) malam.

"Jika di tahun 2023 targetnya 28 miliar maka untuk tahun 2024 kami menargetkan di bidang zakat sebesar 20,8 miliar, infak 17,2 miliar jadi totalnya 38 miliar," katanya.

"Alhamdulillah target zakat infak dan sedekah tahun lalu tercapai 83,05 persen dari target 28 miliar tercapai 23 miliar," imbuhnya.

Raja menjelaskan zakat, infak, dan sedekah yang terkumpul akan diolah menjadi program-program yang dapat membantu masyarakat salah satunya adalah program bedah rumah.

"Zakat, infak, dan sedekah yang terkumpul ini nantinya akan kita kembalikan dalam bentuk program-program yang berada di wilayah kelurahan dan kecamatan, salah satu program yang sampai saat ini terus berjalan adalah bedah rumah," jelasnya.

Terkait bedah rumah, Raja menjelaskan,  di tahun 2023 lalu target 70 rumah yang dibedah namun, yang terealisasi baru 52 rumah.

"Di tahun 2024 ini kami menargetkan pembangunan 78 rumah ditambah dengan bedah kawasan di Kecamatan Menteng dan mudah-mudahan dapat terealisasi semuanya," ujar Raja.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Chaidir menambahkan, dengan adanya program dari Baznas Bazis ini dapat membantu masyarakat yang kurang mampu.

“Dengan program Baznas Bazis ini kita membantu para kaum duafa yang membutuhkan bantuan dari pemerintah,” tuturnya.

Pada rapat ini turut dihadiri para lurah, camat, kepala Unit Kerja Perangkat Daerah (UKPD) dan jajaran terkait lainnya di lingkungan Pemkot Administrasi Jakarta Pusat.