Buka Lebaran Tenabang Tahun 2024, Wawali: Tingkatkan Budaya Kearifan Lokal

Reporter: Rio Cornelianto | Editor: Andreas Pamakayo

Nyeset (menguliti) Kambing. Foto: Malik Maulana

Wakil Wali Kota (Wawali) Administrasi Jakarta Pusat Chaidir membuka Lebaran Tenabang Tahun 2024, di depan Kantor Kecamatan Tanah Abang Jalan K.H. Mas Mansyur No.130, Kelurahan Kebon Melati, Kecamatan Tanah Abang, Sabtu (11/5).

Acara ini mengangkat tema "Sukses Tenabang untuk Indonesia" dan mendapat dukungan penuh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf), serta Suku Dinas (Sudin) Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Di sepanjang jalan ada berbagai stan makanan khas Betawi serta diisi dengan berbagai kegiatan dan lomba seperti, Palang Pintu hingga Lomba Nyeset (menguliti) Kambing.

Chaidir mengatakan, tujuan dari Lebaran Tenabang selain bersilaturahmi juga untuk menjaga kerukunan dan kesatuan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Adanya Lebaran Tenabang ini dapat mempersatukan kembali warga betawi saling bersilahturahmi, menjaga kerukunan, dan kesatuan NKRI," katanya.

Selain itu, lanjutnya, Lebaran Tenabang meningkatkan budaya kearifan lokal dan berharap nantinya seluruh kecamatan yang ada di wilayah Jakarta Pusat dapat merayakan lebaran dengan ciri khasnya masing-masing.

"Dengan adanya Lebaran Tenabang ini sebagai cikal bakal yang akan ditularkan ke kecamatan lainnya. Kita berharap nantinya seluruh kecamatan di wilayah Jakarta Pusat dapat merayakan lebaran dengan ciri khas kearifan lokal masing-masing," harapnya.

Sementara itu, Tokoh Masyarakat Betawi Tanah Abang Riano P Ahmad mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam hal ini Sudin Kebudayan Kota Administrasi Jakarta Pusat yang sudah mendukung dan memberikan perhatian kepada Lebaran Tenabang yang mempunyai ciri khas tersendiri.

Turut hadiri dalam Lebaran Tenabang, Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta Iwan Henry Wardhana, Camat Tanah Abang Dicky Suherlan, Kasudin Kebudayaan Kota Administrasi Jakarta Pusat M. Nurdin, dan jajaran terkait lainnya.