Cegah DBD, Wali Kota Jakpus Ajak Warga RW 09 Menteng Jaga Kebersihan Lingkungan

Reporter: Berlian Sigit | Editor: Andreas Pamakayo

Wali kota mengecek monitor jentik nyamuk di rumah warga. Foto: Maulana

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma berserta jajaran Suku Dinas Kesehatan melakukan monitor pemberantasan sarang nyamuk (PSN) di RW 09, Kelurahan Menteng, Kecamatan Menteng, Jumat (26/4) pagi.

Pemberantasan sarang nyamuk ini merupakan kegiatan yang rutin dilakukan guna mencegah terjadinya kasus demam berdarah atau DBD.

Dhany Sukma mengatakan, di RW 09 Kelurahan Menteng ini memiliki kader Jumantik yang militan. Artinya, setiap RT memiliki satu kader Jumantik dan ada koordinatornya yang menjadi penggerak utama.

"Diharapkan setiap rumah memiliki kader Jumantik yang ikut memantau di lingkungan rumahnya. Mudah-mudahan dengan semua bergerak di lingkungan rumahnya bersama dengan kader Jumantik Insyallah lingkungan ini akan terbebas dari jentik nyamuk," katanya.

Dhany juga mengimbau kepada seluruh masyarakat khususnya di wilayah RW 09 Kelurahan Menteng untuk sama-sama menjaga lingkungannya.

"Yuk sama-sama kita jaga diri kita, keluarga kita, lingkungan kita untuk sama-sama memperhatikannya supaya tidak terjadi kasus demam berdarah," imbaunya.

Sementara itu, Koordinator Jumantik RW 09 Warsini menjelaskan, banyak faktor yang diperiksa dalam kegiatan PSN ini.

"Yang diperiksa ke rumah-rumah warga itu seperti bak mandi, dispenser, kulkas, ember, dan pot tanaman. Bukan rumah warga saja yang kami periksa, kami juga memeriksa bangunan sekolah, sarana prasarana umum, kantor, dan juga masjid," terangnya.

Dia mengaku, kader Jumantik juga bertugas untuk memberikan edukasi kepada warga terkait pemeriksaan jentik secara mandiri.