Dekranasda Jakpus Gelar Edukasi Pengelolaan Keuangan Bisnis

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Dekranasda Jakpus menggelar kegiatan talkshow literasi digital bersama Finansialku. Foto: Malik Maulana

Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar kegiatan talkshow literasi digital bersama Finansialku yang bertema 'Bangun Pondasi Keuangan Kokoh untuk Bisnis Owner' diikuti sebanyak 100 peserta.

Ketua Dekranasda Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah mengatakan, kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan pertemuan rutin Dekranasda di awal tahun 2024 ini. Meski digelar oleh Dekranasda, peserta kegiatan juga melibatkan binaan Jakpreneur dan UP2K PKK.

"Karena semua anggota Dekranasda adalah pengrajin dan pengusaha, materi yang disampaikan diharap bisa mengedukasi keuangan mereka," katanya, di Ruang Pola Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Kamis (7/3).

Menurut Ucu, edukasi keuangan ini di antaranya menjelaskan tentang praktis merapikan keuangan pengusaha. Sehingga nantinya antara keuntungan, dana pribadi dan pengembangan bisnis tidak tercampur.

"Semakin rapi keuangannya, tertata mana keuntungan, mana dana pribadi dan bisnisnya,  sehingga keuangan mereka ter-manage," tegasnya.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Sekko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting mengatakan, mengapresiasi para peserta yang telah hadir mengikuti kegiatan yang akan menambah wawasan membangun potensi keuangan yang kokoh dalam mengelola keuangan usaha.

Asekbang menjelaskan, kebanyakan dari para peserta merupakan pengrajin yang tidak memilik pemahaman mendalam tentang mengelola keuangan. Karena itu, dia berharap edukasi akan memperkuat pemahaman tentang pengelolaan keuangan.

"Ini penting bagi kami karena potensi pasar untuk kerajinan cukup baik. Sebab itu, pengelolaan keuangan harus kita maksimalkan agar usahanya berkembang," tandasnya.