Dekranasda Jakpus Kolaborasi Merlynn Park Hotel Gelar Pesona Batik Indonesia

Reporter: Maulana  | Editor: Andreas Pamakayo

Pesona Batik Indonesia, di Merlynn Park Hotel Jakarta. Foto: Maulana

Dalam Rangka Hari Batik Nasional tahun 2024 Dekranasda Kota Administrasi Jakarta Pusat berkolaborasi dengan Merlynn Park Hotel Jakarta menggelar Pesona Batik Indonesia. 

Pesona Batik Indonesia yang diisi fashion show dari Batik Trusmi, Batik Marunda, dan Batik Dekranasda Jakarta Pusat dibuka langsung oleh Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma.

Pada Pesona Batik Indonesia ada sembilan partisipan yaitu, Andrachman by Andra Rachman, Batik Betawi Shop, Bebatikan Gendis, Benzee, Dy Galeri Batik, Karina Design, LaCherry, Reny Feby Jewelry, Satarupa by Raya. 

Dalam sambutannya, Dhany mengucapkan terima kasih kepada Merlynn Park Hotel Jakarta yang telah berkolaborasi dengan Dekranasda Jakarta Pusat dalam menyelenggarakan kegiatan Pesona Batik Indonesia.

"ini merupakan sebuah apresiasi yang luar biasa karena semakin banyak hotel-hotel maka diyakini batik akan membumi, terus lestari dan berkembang tak hanya di Indonesia tetapi juga diluar negeri," katanya, di Merlynn Park Hotel Jakarta, Jalan KH Hasyim Ashari, Kelurahan Petojo Utara, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (2/10) sore.

Dhany menuturkan, batik memiliki berbagai keunggulan, salah satunya adalah motifnya yang kaya akan filosofi dan budaya dari berbagai daerah di Indonesia.

"Batik saat ini terus berkembang menjadi ragam fashion yang terus mengikuti perkembangan zaman dengan tanpa menghilangkan filosofinya yang dapat diterima semua kalangan termasuk generasi muda yang mempunyai rasa bangga mengenakan batik dalam beraktivitas," ucapnya.

Sementara itu, General Manager Merlynn Park Hotel Jakarta Gustaf Adolf menjelaskan, batik merupakan kebudayaan bangsa Indonesia yang tentunya harus dilestarikan, dijaga dan dikembangkan sehingga Merlyn Park Hotel Jakarta menyelenggarakan kegiatan ini untuk mengenalkan batik kepada para tamu.

"Kita kemas acara ini dengan fashion show, talkshow, dan ada juga Bazaar dari tanggal 1 hingga 5 Oktober di lobby hotel sehingga para tamu hotel bisa lebih dalam mengenal batik-batik tradisional seperti batik Betawi dan lainnya," jelasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Dekranasda Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah mengatakan, menggunakan batik merupakan kebanggaan bagi masyarakat Indonesia di mana batik merupakan warisan budaya bangsa Indonesia. Menurutnya melalui kegiatan ini selain masyarakat dapat melihat lebih luas kreasi dan inovasi batik dari para pengrajin.

"Batik kini lebih kekinian dengan kreasi dan inovasi dari para pengrajin, kini batik tidak hanya untuk acara resmi ataupun kondangan tetapi kini juga dipakai masyarakat untuk aktivitas sehari-hari," katanya.

"Dalam Kegiatan ini kita juga sekaligus mengenalkan batik-batik dan kerajinan karya binaan Dekranasda Jakarta Pusat, kita ingin menunjukkan bahwa memakai batik ditambah kolaborasi aksesoris dari Dekranasda Jakarta Pusat menjadi semakin cantik," tandasnya.