Jumat Bersih Kerahkan 1.000 Petugas Gabungan

Reporter: Malik Maulana  | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menyemprotkan air untuk membersihkan trotoar. Foto: Malik Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melaksanakan Jumat Bersih dalam rangka menyambut Jakarta International Marathon (Jakim) Tahun 2024. 

Jalur perlintasan yang akan dibersihkan ada empat titik yaitu, Jalan Medan Merdeka, Jalan Perwira, Jalan Ir. H. Juanda, dan Jalan Veteran I. 

Bersih-bersih di wilayah Kecamatan Gambir tersebut dipimpin Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma, didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Sekko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting, Kasudin LH Slamet Riyadi, Kasatpol PP Kota Administrasi Jakarta Pusat TP Purba, Plh Kasudin Perhubungan, Kabag PKLH Sektor Administrasi Jakarta Pusat Martua Sitorus, Camat Gambir Andri Ferdian, Lurah Gambir Gabriel Mahardhika, Kepala Seksi Kominfotik Kota Administrasi Jakarta Pusat Ika Meilani Untari. 

Dhany menjelaskan, Jumat Bersih ini fokus dilakukan untuk menyambut perhelatan Jakim Tahun 2024 yang akan berlangsung pada 23 Juni mendatang, dan sebagai tuan rumah harus mempersiapkannya dengan baik. 

“Kebetulan titik start dan finis-nya itu ada di Jakarta Pusat, yang paling banyak itu ada di area Monas, oleh karena itu jalur yang akan menjadi lintasan harus kita tata rapikan karena semua pasang mata dari berbagai negara itu akan melihatnya ke Jakarta Pusat, jadi kita harus meyakinkan kalau lintasan itu benar-benar bersih,” jelasnya.

“Kalau kita ingin naik level di dalam penyelenggaraan maraton maka syarat utamanya adalah, keamanan, kenyamanan, dan keindahan," imbuhnya. 

Untuk itu, lanjut Dhany, pihaknya mengerahkan seluruh petugas untuk bersama melakukan bersih-bersih sarana dan prasarana umum yang menjadi objek perlintasan pelari. 

"Ada 1.000 personel kita gerakan, mulai dari PPSU, SDA, Bina Marga, Gulkarmat, Satpol PP, Dishub, Taman Hutan Kota, semua bergerak bersama sesuai tupoksinya, Kabel-kabel kita rapikan, tali- tali air, saluran terbukanya, taman-taman lintasan kita beutifikasi, pendestrian, jalan-jalan kita bersihkan agar lebih aman dan nyaman,” terangnya.

Untuk diketahui, Jumat Bersih juga dilakukan di wilayah Kecamatan Tanah Abang berlangsung di depan FX Sudirman, dan Jalan Gerbang Pemuda. Di wilayah Kecamatan Menteng berada di Jalan Iman Bonjol. Sementara wilayah Kecamatan Sawah Besar berada di Jalan Lapangan Banteng Selatan, Jalan Dr. Wahidin Raya, Jalan Gunung Sahari, Jalan Dr. Sutomo, Jalan Gedung Kesenian, dan Jalan Lapangan Banteng Utara.