Kader Jumantik dan PKK Kampung Rawa Tingkatkan PSN di Musim Penghujan Lewat Jumling

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pemantauan jentik nyamuk. Foto: Maulana

Memasuki musim penghujan, jajaran kelurahan bersama Puskesmas Pembantu Kampung Rawa terus meningkatkan kegiatan Jumat Keliling (Jumling) selain melihat kebersihan wilayah juga diisi dengan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) oleh para kader Jumantik serta PKK, di wilayah RW 03, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, Jumat (12/1).

Lurah Kampung Rawa Ferry Zahrudin mengatakan, PSN dilakukan rutin setiap dua kali seminggu yaitu, pada hari Selasa dan Jumat. Untuk Jumatnya, jajaran kelurahan bersama stakeholder terkait rutin memonitoring ke tiap rumah  warga.

"Alhamdulillah setelah tadi kita berkeliling rumah warga kesadaran masyarakat akan kebersihan sudah cukup baik," katanya.

Menurut Ferry, selain meninjau kebersihan lingkungan pihaknya juga  rutin mensosialisasi Jumantik Mandiri sehingga, warga bisa melakukan pemantauan jentik di rumah masing-masing secara rutin dan mandiri.

Dalam kesempatan ini, Ferry meminta, para kader Jumantik untuk terus intens melakukan pemantauan jentik di rumah-rumah warga ataupun di tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk terlebih saat ini sudah memasuki musim penghujan.

"Kita juga selalu melakukan kerja bakti setiap hari Minggu untuk menjaga kebersihan lingkungan dan mengantisipasi adanya nyamuk demam berdarah. Harapannya tetap zero DBD dan masyarakat meningkatkan pola hidup bersih, sehat, dan nyaman," tandasnya.