Kebun Hidroponik RW 09 Karet Tengsin Panen 30 Kilogram Kangkung

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Panen kangkung Kebun Hidroponik RW 09. Foto: Maulana

Ketua TP PKK  Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah mendampingi Ketua Pokja 3 TP PKK DKI Jakarta Komariah Marullah melakukan panen 30 kilogram kangkung, di Kebun Hidroponik RW 09 Kelurahan Karet Tengsin (area lahan Kedai Swadharma), Jalan H Abdul Jalil, Kecamatan Tanah Abang, Senin (4/3).

Ucu Jamilah mengatakan, panen dilaksanakan di sela-sela rangkaian kegiatan peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG-PKK) ke-52 tahun 2024.

"Kebetulan sedang mengunjungi Pasar Murah ada kegiatan Poktan yang panen. Bayamnya luar biasa," katanya.

Dia berharap, hasil panen yang didapat ini semakin memotivasi para kader PKK di wilayah tersebut untuk terus mengembangkan urban farming. Selain berpotensi meningkatkan kesejahteraan keluarga, hasil dari urban farming itu nantinya bisa dimanfaatkan untuk berbagai program sosial lingkungan.

Sementara itu, Ketua Kelompok Tani (Poktan) RW 09 Karet Tengsin, Hestu Mardiana mengatakan, panen ini merupakan kali kedua dilaksanakan. Tanaman jenis kangkung yang dipanen tersebut telah berusia 22 hari.

"Kita panen sebanyak 200 pot. Kalau ditotalkan hasilnya sekitar 30 kilogram kangkung," ujarnya.

Hestu menjelaskan, bayam yang berhasil dipanen tersebut dikemas dalam wadah plastik untuk dijual. Setiap kemasan wadah diisi sebanyak 300 gram kangkung organik dengan harga jual Rp 5 ribu.

Paket kangkung itu, lanjut Hestu, nantinya langsung dipasarkan melalui grup aplikasi whatsapp warga lingkungan mereka. Dipastikannya, produk bayam akan diminati warga.

"Hasil panen ini memang ditunggu warga. Sebagian hasil dari penjualan akan kita donasikan untuk program stunting," tandasnya.