Kelurahan Kartini Tata Lahan Bantaran Kali Ciliwung

Reporter: Muhammad Aulia  | Editor: Andreas Pamakayo

Penataan di kawasan bantaran kali Ciliwung. Foto: Malik Maulana

Petugas gabungan Kelurahan Kartini melakukan penataan lahan bantaran kali Ciliwung, Jalan Kartini Raya, RT 03/02 Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Lurah Kartini Ati Mediana mengatakan, penataan itu dilakukan berdasarkan aduan masyarakat melalui CRM. Pihaknya juga sudah berulangkali menertibkan para pedagang kaki lima (PKL) yang biasa beroperasi pada sore hingga malam hari di kawasan lahan tesebut.

"Lapak tenda milik PKL dikeluhkan warga karena lingkungan jadi terlihat kumuh dan semerawut. Agar tidak terulang rencanannya lahan seluas sekitar 55 meter persegi itu akan dijadikan taman," katanya, Jumat (19/7) di lokasi.

Sejak Rabu (17/7) lalu, lanjutnya, sebanyak lima orang petugas PPSU Kelurahan Kartini dikerahkan untuk melakukan pekerjaan pembuatan taman. Ditargetkan, akhir Agustus mendatang pembangunan taman rampung.

"Setelah ditata kami harap lahan itu tidak bisa dimanfaatkan menjadi lapak PKL dan semakin menambah indah kawasan dengan keberadaan taman," harapnya.

Sementara itu, Ketua RW 02 Kelurahan Kartini Dion mengapresiasi penataan yang dilakukan jajaran kelurahan. Diakuinya keberadaan PKL di kawasan itu mengakibatkan lingkungan menjadi tidak enak dipandang.

"Bagi warga sekitar, sampah pasca-berdagang itu sering tidak diangkat dan mengotori lingkungan. Baguslah kalau ditata," ucapnya.

Selain melakukan monitoring penataan lahan bantaran Kali Ciliwung, jajaran Kelurahan, dan Babinkamtibmas melakukan peninjauan ke lokasi pembuatan lubang biopori di RW 03 Kelurahan Kartini dan juga menghadiri peresmian operasional bank sampah Kasih Ibu di RW 08 Kelurahan Kartini.