Ketua Bunda PAUD Jakpus Terima Audiensi Kepala BPMP Bahas Program Transisi PAUD yang Menyenangkan

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Ketua Bunda PAUD Jakpus menerima audiensi Kepala BPMP. Foto: Maulana

Ketua Bunda PAUD Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah menerima audiensi Kepala Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) DKI Jakarta Mochammad Salim Somad membahas program transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.

Kepala Balai Penjamin Mutu Pendidikan (BPMP) DKI Jakarta Mochammad Salim Somad menjelaskan, kedatangannya untuk sosialisasi kontribusi gerakan transisi PAUD ke SD dalam menjaga hak anak dan evaluasi pelaksanaan apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional Tahun 2023. 

Menurutnya, tepat pada tanggal 28 Maret 2023 lalu Kemdikbudristek telah menggulirkan kebijakan Merdeka Belajar episode ke-24 yakni transisi PAUD yang menyenangkan. Kebijakan ini diturunkan untuk mengakhiri miskonsepsi di masyarakat terkait baca tulis dan hitung atau calistung pada jenjang PAUD dan SD. Bahkan calistung masih dianggap satu-satunya indikator atau bukti suksesnya pembelajaran bahkan menjadi salah satu syarat dalam penerimaan PPDB sehingga transisi PAUD yang menyenangkan ini diharapkan dapat menghilangkan calistung dalam penerimaan PPDB. 

"Ahamdulillah transisi PAUD yang menyenangkan di DKI Jakarta tahun lalu sudah berjalan dengan amat sangat baik," katanya, di Ruang Rapat TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat, Lantai Dasar, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Kecamatan Gambir, Senin (20/5).

Salim menuturkan, transisi PAUD yang menyenangkan ini berfokus pada pembelajaran enam kemampuan pondasi anak yakni, mengenal nilai agama dan budi pekerti, keterampilan sosial dan bahasa untuk berinteraksi, kematangan emosi untuk berkegiatan di lingkungan belajar, kematangan kognitif untuk melakukan kegiatan belajar, pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri untuk berpartisipasi di lingkungan belajar secara mandiri, dan pemaknaan belajar yang menyenangkan dan positif.

"Penting bagi guru-guru kita khususnya jenjang awal fokus pada enam kemampuan pondasi anak, jadi tidak hanya calistung tetapi lebih holistik," tuturnya.

Sementara itu, Ketua Bunda PAUD Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah mengungkapkan, program transisi PAUD yang menyenangkan ini merupakan program yang bagus dan sangat mendukung terlebih Bunda PAUD tidak terlepas dengan tumbuh kembang anak.

"Saya bersama Bunda PAUD Kecamatan dan Bunda PAUD Kelurahan sangat mendukung dan harus sampai ke masyarakat, kita juga membuat zoom bersama RT-RW, LMK menyampaikan program dari kementerian ini," ungkapnya, didampingi Bunda Paud se-Kecamatan Wilayah Jakarta Pusat.

"Kita akan terus lebih intens mensosialisasikan program transisi PAUD yang menyenangkan ini bersama ibu camat, ibu lurah, dan sudin-sudin terkait tentunya dengan menekankan enam kemampuan pondasi anak," imbuhnya.