Ketua TP PKK Jakpus Monitor Posyandu Balita dan Lansia di RW 01 Kelurahan Kemayoran

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pemeriksaan tinggi badan balita di RW 01 Kelurahan Kemayoran. Foto: Malik Maulana

Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah memonitor pelaksanaan posyandu balita dan lansia, di RW 01 Kelurahan Kemayoran, Kecamatan Kemayoran, Selasa (27/2).

Ucu mengatakan di RW 01, balita dan lansia diperiksa kesehatannya serta memberikan makanan bergizi yaitu, bubur kacang hijau, roti, telur, dan pisang.

"Tadi ada pemberian makanan tambahan (PMT) bergizi bagi lansia dan balita. Kita juga sempat makan bareng penambah gizi yang baik untuk menghindari stunting," katanya.

Ucu berharap dengan adanya posyandu ini bisa mendeteksi perkembangan balita dan penyakit bagi para lansia. "Saya berharap adanya posyandu ini balita dan lansia menjadi sehat semuanya," harapnya.

Sementara itu, Lurah Kemayoran Fitria Sari menjelaskan, posyandu ini terintegrasi balita dan lansia. Juga ada pusat informasi keluarga seperti, keluh kesah masalah keluarga, gizi anak, dan lain-lain.

“Yang diperiksa mulai dari lingkar kepala, lingkar pinggang, berat badannya, tinggi badannya, apabila ditemukan yang kurang akan kita cek lebih lanjut oleh tim medis. Untuk lansia yang dicek itu kolesterolnya, gula darah, asam urat, tensi tekanan darahnya. Apabila ditemukan penyakit akan diberi rujukan,” jelasnya.

"Ada sebanyak 43 balita dan 45 lansia di RW 01 Kelurahan Kemayoran memeriksakan kesehatannya. Selain itu, juga ada pusat informasi keluarga," imbuh Fitria.

Untuk PMT bagi balita dan lansia, lanjutnya, merupakan olahan dari PKK berdasarkan rujukan dari posyandu. Tadi juga diberikan informasi pengolahan makanan sehat yang siapapun dapat memasaknya.

“Saya berharap kegiatan ini terus berlanjut, karena dari sinilah silahturahmi antar warga. Selain itu, bisa memantau kesehatan gizi anak-anak, untuk mendeteksi penyakit tidak menular sejak dini, agar warga masyarakat sehat selalu,” tambahnya.