Masjid Babah Alun At-Taqwa Diresmikan

Reporter: Dwi Arif  | Editor: Andreas Pamakayo

Peresmian Masjid Babah Alun At-Taqwa, di SMA Negeri 24 Jakarta. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma bersama Mohammad Jusuf Hamka meresmikan Masjid Babah Alun At-Taqwa, di SMA Negeri 24 Jakarta, Jalan Lapangan Tembak,  Kelurahan Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Sabtu (24/8).

Mohammad Jusuf Hamka atau yang biasa dikenal dengan Babah Alun mengatakan, peresmian masjid ini juga terdapat hal unik di dalamnya, karena merupakan masjid ke delapan yang dibangun di bulan delapan yaitu Agustus.

"Alhamdulillah ini merupakan masjid kedelapan yang telah dibangun tepatnya pada bulan kedelapan yaitu bulan Agustus, tanggalnya pun pas di tanggal 24 di tahun 2024, dan bertempat di SMAN 24 Jakarta," katanya.

"Mudah-mudahan setelah ini kita harus terus bersama-sama menyebarkan kebaikan bukan hanya dari segi pembangunan masjid saja tetapi juga dalam kegiatan sosial lainnya, dan ke depan bersama para akademisi mari kita bersama-sama mulai dari kelurahan, kecamatan mengikuti kegiatan sosial Babah Alun lainnya sehingga warganya bisa semakin sejahtera," harapnya.

Di tempat yang sama, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma bersama jajarannya mengucapkan terima kasih sekaligus memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas inisiasi Bapak Mohammad Jusuf Hamka dalam pembangunan Masjid Babah Alun At-Taqwa ini.

"Alhamdulillah kita bisa bersilaturahim untuk mengikuti kegiatan peresmian Masjid Babah Alun At-Taqwa yang diinisiasi sekaligus juga diwujudkan oleh bapak Mohammad Jusuf Hamka berserta dengan para donatur lainnya yang juga ikut mewujudkan mimpi SMAN 24 Jakarta ini untuk memiliki masjid yang representatif," ucapnya.

"Harapannya masjid ataupun musala ini bisa dimanfaatkan bukan hanya untuk aktivitas ibadah saja tetapi juga ibadah sosial, dan juga menjadi media pembelajaran bagi siswa siswi dalam melakukan kajian sosial keagamaan," imbuhnya. 

Wali kota mengaku bahwa Babah Alun juga selalu berkolaborasi dalam pembangunan masjid lainnya seperti di Taman Suropati juga dalam hal gerakan sosial.

"Bapak Jusuf Hamka juga sudah beberapa kali berkolaborasi bersama dengan Pemkot Administrasi Jakarta Pusat dalam rangka pembangunan masjid dan musala seperti, di area Taman Suropati, ditambah lagi ketika di masa pandemi juga membantu para pedagang dan memborong jualnya untuk dibagikan kepada warga sekitar terutama yang terdampak Covid-19 dan yang isolasi mandiri saat itu," Dhany mengungkapkan.

Ke depannya, lanjut Dhany, pihaknya bersama Babah Alun akan terus berkolaborasi dalam pembangunan masjid dan musala di Wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat.

"Insyaallah ke depannya kita akan berkolaborasi dalam pembangunan masjid ataupun musala di area eks Johar Baru Teater (Jotet). Mudah-mudahan bisa terlaksana dengan baik, dan harapannya terus kita tingkatkan tali silaturahim dan bersama membangun Jakarta Pusat kearah yang lebih baik lagi," tuturnya.

Turut hadir dalam peresmian masjid, Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat (Asminkesra) Sekko Jakarta Pusat M. Reza Pahlevi, Camat Tanah Abang Dicky Suherlan, dan Lurah Gelora Nurbin Tumbur Togar.