Memasuki Bulan Ramadan, Pemkot Jakpus Akan Fokus Pada Dua Aspek

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, ada dua aspek yang akan diperhatikan pada saat memasuki bulan suci Ramadan yaitu, ekonomi dan keamanan.

Dari aspek ekonomi, kata Dhany, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat akan lebih memperhatikan stabilitas harga pangan yang biasanya permintaan di saat bulan Ramadan itu tinggi.

Maka tugas pemerintah, lanjutnya, melakukan pemantauan sekaligus berupaya melakukan pengendalian dengan menjalankan program dari Provinsi DKI Jakarta seperti, pasar pangan murah yang bersubsidi.

"Kita juga akan melakukan pemantauan harga di tiap-tiap pasar dan meyakinkan pedagang bahwa stok pangan di bulan suci Ramadan dapat terpenuhi," katanya, usai menutup Sidang Pleno II, di Aula, Kantor Kecamatan Tanah Abang, Rabu (6/3).

Kemudian, aspek kedua yaitu keamanan dan ketertiban. Pihaknya menginginkan aktivitas ibadah di bulan suci Ramadan benar-benar dilaksanakan secara khusyuk dengan tidak melakukan hal-hal yang tidak perlu seperti, saur on the road, berkumpul di pinggir jalan, dan sebagainya.

"Jika semua difokuskan melakukan ibadah insyaallah tidak akan terjadi dampak sosial dalam suasana Ramadan," ucapnya.

Menurutnya, jajaran Pemkot Administrasi Jakarta Pusat juga akan melaksanakan Safari Ramadan. Taraweh Keliling dengan kelompok sasaran masjid maupun musala yang berada di pemukiman padat penduduk.

"Safari Ramadan dilaksanakan untuk lebih dekat dengan warga. Jadi kita akan fokus dalam kedua aspek tersebut dan Taraweh Keliling," tandasnya.