Merayakan HUT Jakarta, Kecamatan Johar Baru Helat Pagelaran Seni Budaya

Reporter: Malik Maulana  | Editor: Andreas Pamakayo

Pagelaran Seni Budaya di Kecamatan Johar Baru. Foto: Malik Maulana

Kecamatan Johar menghelat Pagelaran Seni Budaya menyambut HUT Kota Jakarta ke-497 tahun 2024 di Jalan Percetakan Negara II, RT 12/03 Kelurahan Johar Baru.

Selain menampilkan beragam pertunjukan seni budaya betawi dan kontemporer, kegiatan juga dimeriahkan bazar sebanyak 35 UKM binaan Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Camat Johar Baru Nurhelmi Savitri mengatakan, kegiatan pagelaran seni budaya ini merupakan tahun kedua kali pelaksanaan dengan menampilkan beragam seni budaya betawi dan kontemporer dari masyarakat se-Kecamatan Johar Baru.

"Kami mendapat dukungan dari Suku Dinas Kebudayaan. Alhamdulillah kegiatan akan dimeriahkan seniman betawi Mpo Tonah dan Munaroh," katanya, Rabu (26/6).

Menurut Nurhelmi, kedua seniman Betawi itu akan menghibur masyarakat dalam sesi penampilan Gambang Kromong. Selain menyanyikan lagu-lagu betawi, penampilan mereka akan diselingi hiburan Ngebodor.

Selanjutnya, kegiatan juga menampilkan kesenian palang pintu, tari-tarian dari warga dan penampilan grup band Kampung Rawa. Direncanakan, kegiatan akan berlangsung hingga pukul 17.00 WIB sore.

"Selama kegiatan ada 35 UKM dari Johar Baru yang menampilkan produk mereka di bazar. Lalu juga lebih dari 100 doorprize bagi warga," ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengapresiasi pelaksanaan pagelaran seni budaya tersebut. Ia berharap nuansa keindahan dan harmoni dalam seni budaya yang ditampilkan semakin mewarnai karakteristik masyarakat, khususnya warga Johar Baru dalam menyambut DKI Jakarta sebagai kota global.

"Hari ini kita menikmati pentas seni budaya yang berangkat dari kultur betawi dipadukan kultur masyarakat Johar Baru. Semoga kegiatan ini menguatkan kohesivitas sosial kita semua," tandasnya.