Pascakebakaran Bedeng SDA di Jalan Kartini Raya, Petugas Terkait Lakukan Penyidikan

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Pihak terkait lakukan penyelidikan pascakebakaran di bedeng milik SDA. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Bedeng milik Satuan Pelaksana (Satpel) Sumber Saya Air (SDA) di Jalan Kartini Raya, Kelurahan Kartini, Kecamatan Sawah Besar, terbakar pada Minggu (28/4) kemarin, diduga dari korsleting listrik dan saat ini sedang dilakukan penyelidikan oleh petugas terkait.

“Jadi awalnya apir dari kabel, terus menjalar ke genset. Bedeng ini bangunan semi permanen dan berisikan alat-alat kerja serta material untuk pekerjaan yang sifatnya ringan,” kata Kasatpol SDA Kecamatan Sawah Besar Yusuf Sumardani saat melakukan peninjauan ke lokasi, Senin (29/4).

Yusuf menjelaskan, ada beberapa barang yang terbakar antara lain genset portabel, alat pembongkar beton, pompa kuras air serta satu unit motor milik PJLP yang menghuni bedeng, dan juga beberapa surat penting seperti ijazah milik PJLP Satpel SDA.

"Saat ini, pihaknya akan melakukan pengangkutan bagi barang-barang yang menjadi aset SDA, setelah itu lokasi ini akan disterilisasi guna untuk kebutuhan penyidikan pihak berwajib," ucapnya.

“Sedikit banyak kebakaran ini akan menggangu ritme mobilitas pekerjaan dari Satpel SDA Sawah Besar, karena banyak material yang ikut terbakar,” imbuhnya.

Sementara itu, Lurah Kartini Ati Mediana menambahkan, untuk hari ini masih ditemukan kepulan asap dari batang pohon sehingga petugas Gulkarmat Kecamatan Sawah Besar kembali didatangkan untuk melakukan pemadaman.

“Kemarin yang dikerahkan sebanyak lima unit mobil damkar dari Sektor 8 Sawah Besar, dan untuk hari ini dikerahkan kembali satu unit mobil damkar untuk pemadaman asap dari batang pohon,” terangnya.

Pihaknya, kata Ati, menargetkan untuk hari ini setelah semua kondisi aman, Satpel Pertanaman dan Hutan Kota Kecamatan Sawah Besar akan bergerak untuk memangkas pohon yang terbakar.