Pemkot Jakpus Adakan Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke-28

Reporter: Sigit | Editor: Iman

Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma menghadiri Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-28 Tingkat Kota Administrasi Jakarta Pusat Tahun 2024, di Ruang Serbaguna Utama, Lantai 1, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jumat (14/6). Anak Magang

Pemkot Jakpus Adakan Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke-28

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) melalui Suku Dinas (Sudin) Kesehatan Jakarta Pusat memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-28 Tingkat Kota Administrasi Jakarta Pusat Tahun 2024, di Ruang Serbaguna Utama, Lantai 1, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jumat (14/6).

Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma yang hadir langsung dalam sambutannya mengatakan, semua orang yang saat ini masih berusia muda nantinya pasti akan mengalami fase lanjut usia (lansia).

"Semua yang muda pasti akan mengalami fase lansia dan ketika sudah masuk lansia biasanya akan ada penurunan kapasitas fungsi dan kualitas kesehatan", katanya.

Hal ini bisa kita tingkatkan, lanjut Dhany, dengan cara memberikan ruang interaksi bagi para lansia supaya tetap bisa berekspresi.

Dhany mengapresiasi para lansia yang pada kegiatan ini tampil untuk melakukan peragaan busana dan bermain angklung.

"Tadi sudah ditampilkan permainan angklung yang luar biasa bagusnya dan itu butuh konsentrasi tingkat tinggi untuk memainkannya, nanti juga akan ada peragaan busana dengan pakaian adat istiadat dari Indonesia", imbuhnya.

Terakhir Walikota juga tidak lupa mengucapkan selamat hari lansia nasional.

"Selamat hari lansia ke-28 sesuai dengan temanya “Lansia Terawat, Indonesia Bermartabat”", tandasnya.

Peringatan HLUN ke-28 ini dihadiri oleh 130 orang yang terdiri dari 80 peserta undangan dan 50 warga lanjut usia dari delapan kecamatan di wilayah Jakarta Pusat.

Sementara itu Kepala Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat Rismasari menambahkan, selain menampilkan peragaan busana dan permainan angklung pada kesempatan ini juga diberikan penghargaan kepada delapan Puskesmas kecamatan yang ramah lansia.

"Kami juga memberikan penghargaan berupa sertifikat kepada delapan Puskesmas kecamatan diwilayah Jakarta Pusat yang ramah atau santun lansia. Puskesmas kecamatan tersebut diantaranya Puskesmas Kecamatan Tanah Abang, Puskesmas Kecamatan Sawah Besar, Puskesmas Kecamatan Senen, Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih, Puskesmas Kecamatan Kemayoran, Puskesmas Kecamatan Menteng, Puskesmas Kecamatan Johar Baru, dan Puskesmas Kecamatan Gambir", ujarnya.

Puskesmas bisa dikatakan ramah atau santun lansia apabila, lanjut Rismasari, memiliki kriteria seperti tidak memiliki banyak anak tangga, memiliki pegangan didalam toilet, memiliki jalan yang tidak licin, tersedia fasilitas kursi roda, dan memiliki jalan khusus untuk kursi roda.

Risma berharap semoga para lansia khususnya di wilayah Jakarta Pusat tetap sehat, mandiri, bermartabat, dan bahagia.


Kominfotik JP/Git