Pemkot Jakpus Gelar Aktualisasi Nilai-nilai Tahun Baru Islam 1446 H

Reporter: Angga Rizkyanda | Editor: Andreas Pamakayo

Aktualisasi Nilai-nilai Tahun Baru Islam 2024 atau 1 Muharram 1446 H. Foto: Naufal Magang

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melalui Suku Badan Kepegawaian Daerah menggelar Aktualisasi Nilai-nilai Tahun Baru Islam 2024 atau 1 Muharram 1446 H. 

Aktualisasi Nilai-nilai Tahun Baru Islam 2024 yang mengusung tema “Spirit Hijrah Menyemai ASN BerAKHLAK” dibuka langsung oleh Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Chaidir didampingi Kepala Suku Badan (Kasuban) Kepegawaian Setko Administrasi Jakarta Pusat Heri Dianto, di Masjid Al-Fauz, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (23/7).

Chaidir mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan dan memperkuat karakter para Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat.

“Peringatan Tahun Baru Islam yang kita selenggarakan setiap tahun selain untuk menyemarakkan syiar Islam, memperkokoh keimanan dan keyakinan kita kepada Allah SWT, juga harus dapat memperteguh sikap istiqomah kita dalam meneladani perjuangan Rasulullah SAW,” ujarnya.

Tahun Baru Islam, lanjut Chaidir, berawal dari peristiwa penting dalam sejarah Islam yaitu, hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Makkah ke Madinah pada Tahun 622 Masehi. 

Menurutnya, hijrah-Nya memiliki dimensi ritual yang membentuk karakter manusia. “Hijrah ini menandai dimulainya era baru dalam penyebaran Islam dan menjadi tonggak sejarah penting bagi umat muslim,” katanya.

Chaidir pun berharap, dengan adanya aktualisasi nilai-nilai Tahun Baru Islam ini dapat mampu membentuk pribadi yang  menjadikan ASN semakin professional dalam menyongsong Jakarta kota global.

Untuk diketahui, kegiatan ini turut diisi dengan ceramah agama yang disampaikan oleh Pengasuh Pondok Pesantren Darul Ilmi Wadda'wah Bogor Al Ustadz Assayid Muhammad Bin Alwi Al-Haddad.