Pemkot Jakpus Luncurkan Gerakan Minimalisir Sampah Plastik di Pasar Rawasari

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Peluncuran gerakan meminimalisir sampah plastik dengan penggunaan ulang kantong spunbound. Foto: Malik Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat menggelar peluncuran gerakan meminimalisir sampah plastik dengan penggunaan ulang kantong spunbound dan wadah makan thinwall, di Pasar Rawasari, Jalan Rawasari Selatan, RT 16/ RW 02, Kelurahan Cempaka Putih Timur, Kecamatan Cempaka Putih, Rabu (6/3).

Kepala Bagian Penataan Kota dan Lingkungan Hidup (PKLH) Setko Administrasi Jakarta Pusat Martua Sitorus mengatakan, kegiatan peluncuran gerakan dilakukan dengan cara sosialisasi ke pedagang dan pengunjung pasar agar tidak lagi memanfaatkan kantong plastik untuk mewadahi barang belanjaan mereka. Secara bertahap, sosialisasi akan dilaksanakan ke seluruh pasar di Jakarta Pusat.

"Dengan penggunaan spunbound dan thinwall pastinya akan mengurangi penggunaan kantong plastik. Selain menambah volume sampah, kantong plastik juga tidak ramah lingkungan," jelasnya.

Pada Selasa (5/3) kemarin, lanjutnya, Jakarta Pusat baru saja menerima penghargaan Adipura dengan kategori Kota Metropolitan. Prestasi itu diharapkannya bisa dilanjutkan dengan tetap menjaga kebersihan dan pengelolaan sampah yang baik agar bisa mengurangi pembuangan ke TPA Bantargebang.

Sebagai salah satu solusi, Martua menegaskan, pentingnya mengurangi penggunaan wadah kantong plastik yang selama ini turut berkontribusi terhadap volume sampah di Jakarta Pusat. Secara bertahap, pengurangan penggunaan kantong plastik dilakukan mulai dari pasar tradisional di delapan kecamatan se-Jakarta Pusat.

"Kita juga akan minta jajaran kecamatan dan kelurahan untuk menggencarkan sosialisasi ke warga. Setelahnya baru merambah ke pertokoan," tegasnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kota Administrasi Jakarta Pusat Slamet Riyadi mengatakan, pihaknya berhasil mengumpulkan sebanyak tiga karung spounbond dan dua karung thinwall bekas pakai dari jajaran ASN Pemkot Administrasi Jakarta Pusat. Wadah guna ulang tersebut selanjutnya dibagi-bagikan kepada pengunjung di Pasar Rawasari.

Menurutnya, sosialisasi dan edukasi ini bisa meningkatkan kesadaran warga untuk tidak lagi menggunakan kantong plastik sebagai wadah belanjaan mereka. Kepada pedagang pun pihaknya melakukan imbauan agar turut mengedukasi konsumen untuk membawa wadah sendiri dari rumah saat berbelanja.

"Kita harap warga semakin sadar untuk tidak gunakan kantong plastik agar bisa minimalisir sampah," tandasnya.