Pemkot Jakpus Terima Kunjungan Bandaraya Kuching Utara Malaysia Bahas HBKB

Reporter: Muhammad Aulia  | Editor: Andreas Pamakayo

Wawali terima kunjungan

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat menerima kunjungan studi banding dari Bandaraya Kuching Utara, Serawak, Malaysia membahas pelaksana Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB).  

Wakil Wali (Wawali) Kota Administrasi Jakarta Pusat Chaidir menjelaskan, HBKB dinilai sukses dalam mengatasi masalah emisi karbon. Untuk itu, Pemkot Administrasi Jakarta Pusat selalu mengadakan HBKB.

"HBKB di Jakarta Pusat telah dilaksanakan selama 22 Tahun, dalam pelaksanaannya kita berhasil menurunkan emisi karbon sebesar 40-50 persen," ujarnya. 

Chaidir menambahkan, ini merupakan kunjungan awal untuk saling berkolaborasi, berbagi pengalaman dan bertukar pikiran antara Kota Jakarta Pusat dan Kuching Utara.

"Ke depannya kita akan membangun sinergitas dan kerja sama yang lebih baik lagi demi kemajuan bersama," ungkapnya

"Apa yang baik untuk Kota Jakarta dan Kuching Utara bisa dicoba untuk diimplementasikan," tambahnya. 

Sementara itu, Datuk (Wali Kota) Bandar Kuching Utara Tuan Haji Hilmy Bin Haji Othman mengatakan, pengalaman Jakarta Pusat dalam melaksanakan HBKB dapat menjadi pembelajaran dalam melaksanakan HBKB di wilayahnya.

"Jakarta Pusat mempunyai pengalaman yang begitu luas, maka dari itu ini adalah usaha kita memperbaiki program yang kita miliki," katanya. 

"Banyak hal yang bisa dimanfaatkan, harapannya kita bisa menjalin kerja sama pada sektor-sektor lainnya," Hilmy menambahkan.