Pemkot Jakpus Tinjau Hasil Revitalisasi Tiga Trotoar di Menteng

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Asekbang melakukan pengecekan hasil revitalisasi trotoar. Foto: Malik Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melakukan kunjungan lapangan hasil revitalisasi trotoar di tiga jalan kawasan Kecamatan Menteng yang telah rampung pengerjaannya.

Tiga jalan revitalisasi trotoar tersebut berada di Jalan Yusuf Adinata, Hos Cokroaminoto, dan Jalan H Agus Salim.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Sekko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting mengatakan, peninjauan lapangan menindaklanjuti arahan Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat untuk memastikan proses pembangunan rampung dan terlaksana dengan baik.

"Secara keseluruhan hasilnya sudah cukup baik. Hanya ada beberapa hal minor yang perlu disempurnakan," katanya, Senin (15/1).

Menurut Asekbang, dari hasil pemantauan itu hal minor yang perlu disempurnakan seperti, mulut saluran di sejumlah titik jalan tertutup sisa material pembangunan. Dikhawatirkan, kondisi demikian akan memicu genangan saat terjadi hujan lantaran air dari jalan tidak bisa mengalir ke saluran.

Kemudian, lanjutnya, penutup saluran di atas trotoar ada yang mengalami kerusakan. Lalu, ada sejumlah kabel menjuntai yang belum dilakukan pemotongan sehingga mengganggu kenyamanan warga yang melintas.

"Kami sudah meminta agar pelaksana proyek segera menindaklanjuti. Nanti kita juga akan cek di beberapa lokasi lain seperti Jalan Kesehatan," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Bina Marga Kota Administrasi Jakarta Pusat Mohammad Soleh mengatakan, pekerjaan revitalisasi dilaksanakan oleh kontraktor pihak ketiga. Pekerjaan fisik dimulai sejak Juli 2023 hingga November 2023 lalu.

Secara teknis, revitalisasi trotoar di Jalan Yusuf Adiwinata meliputi sisi selatan sepanjang sekitar 516 meter lari dengan lebar rata-rata sekitar 3, 07 meter. Selanjutnya revitalisasi trotoar di Jalan H Agus Salim meliputi sisi barat sepanjang sekitar 737,20 meter lari dengan lebar rata-rata 2,83 meter.

Sedangkan revitalisasi trotoar di Jalan HOS Cokroaminoto meliputi sisi barat dan sisi timur. Total pekerjaan dilakukan sepanjang sekitar 1.019,70 meter lari dengan lebar rata-rata setiap titik sekitar 2,83 meter.

"Tadi pihak kontraktor sudah menyanggupi, lagi pula statusnya ini masih dalam status perawatan. Kami hanya mengawasi dan memastikan terlaksana baik," tandasnya.