Periksa Kesehatan Balita, Posyandu Wijaya Kusuma Hadirkan Mainan Edukasi

Reporter: Berlian Sigit | Editor: Andreas Pamakayo

Posyandu Wijaya Kusuma sediakan mainan edukasi bagi balita. Foto: Malik Maulana

Posyandu Wijaya Kusuma menggelar pemeriksaan bayi bawah lima tahun (balita) di Sekretariat RW 03, Kelurahan Kartini, Kecamatan Sawah Besar, Rabu (7/2) pagi.

Lurah Kartini Ati Mediana menjelaskan, tidak hanya pemeriksaan balita saja tetapi juga tersedia pemeriksaan untuk ibu hamil.

"Di sini ada giat penimbangan, pengukuran tinggi badan, pemberian vitamin A dan obat cacing, serta pemeriksaan ibu hamil," jelasnya.

Ati menambahkan, ada sebanyak 75 balita yang merupakan warga dari RW 03 Kelurahan Kartini telah melakukan pemeriksaan pada hari ini. "Kalau balita di RW 03 total ada 75," imbuhnya.

Ati mengungkapkan bahwa di posyandu RW 03 ini memiliki inovasi yaitu pemberian mainan edukasi pada balita. "Alhamdulillah di Posyandu RW 03 ini ada inovasi dari Ibu RW terkait pemberian mainan edukasi serta penambahan PMT. Karena adanya bantuan dari pihak CSR menu PMT ada penambahan yang diberikan berupa susu dan nasi," ungkapnya.

Sementara itu, Ketua PKK RW 03 Sarwiji menambahkan bahwa dengan adanya mainan edukasi pada balita membuat mereka dapat langsung menghabiskan makanan tambahan yang telah diberikan.

"Jadi setelah balita tersebut ditimbang akan diberikan PMT (pemberian makanan tambahan) dan harus dihabiskan ditempat agar terpantau bahwa balita tersebut betul-betul makan makanan PMT yang kami berikan selama 3 bulan berturut-turut,"  imbuhnya.

Sarwiji berharap semoga dengan adanya inovasi berupa mainan edukasi ini dapat membuat balita menjadi rajin untuk datang ke posyandu.

Di tempat yang sama, Eli selaku nenek dari salah satu balita yang berhasil menghabiskan PMT di tempat selama 3 bulan berturut-turut mengaku senang dengan adanya apresiasi berupa pemberian mainan edukasi.

"Saya ikut senang karena akan menjadi motivasi tersendiri buat cuci saya bernama Anya biar tidak takut datang ke posyandu," ucapnya.

"Biar makanannya habis ya harus dibujuk, dialusin, diajak main. Anya suka datang ke posyandu karena banyak mainan, ada mandi bola, kuda-kudaan, dia paling suka permainan bongkar pasang," katanya.