Periode Januari-Mei, Sudin KPKP Sudah Vaksin 1.094 Hewan Rabies

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Vaksinasi rabies. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat selama bulan Januari hingga Mei 2024 sudah melakukan vaksin bagi 1.094 Hewan Penular Rabies (HPR). 

Demikian dikatakan Kasie Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Herawati usai melakukan vaksinasi rabies, di RT 04 RW 01 Kelurahan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (6/5). 

"Di Jakarta Pusat dari bulan Januari hingga Mei tahun 2024 sudah memvaksin 1.094 hewan HPR untuk lokasi vaksin di Kecamatan Tanah Abang, Senen, dan hari ini mulai di Menteng,” katanya.

"Sementara, hari pertama vaksin rabies di Kelurahan Cikini, Kecamatan Menteng, ada sebanyak 37 hewan yang terdiri dari 34 Kucing dan 3 anjing sudah dilakukan vaksinasi. Vaksinasi ini dilakukan demi mempertahankan predikat DKI Jakarta bebas penyakit rabies," jelasnya. 

Untuk di RT 04 RW 01 Kelurahan Cikini, lanjutnya, juga dilakukan sterilisasi kucing bekerja sama dengan Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI). 

Sementara itu, Lurah Cikini Nur Komariah mengungkapkan, antusiasnya warga yang hadir karena pihaknya menyebarluaskan info terkait pelaksanaan vaksin rabies lewat grup whatsapp perangkat warga serta poster yang dipajang di medsos.

“Ini untuk mempermudah bagi warga, jadi tidak perlu ke dokter hewan, di sini cuma tinggal bawa hewannya dan langsung disuntik. Sangat mudah dan gratis,” tuturnya.

“Di Kelurahan Cikini vaksin bagi HPR akan dilaksanakan 2 hari, hari ini di RW 01 dan Selasa besok di RW 03. Saya berharap wilayah Cikini akan terus bebas dari tersebarnya penyakit rabies,” tandasnya.